Sukses


Influencer Sepak Bola Malaysia Cemburu Indonesia Segera Dapatkan Adik Gelandang AC Milan, Bandingkan FAM dengan PSSI

Bola.com, Jakarta - Akun @OnefootballM yang berfokus pada pemberitaan mengenai sepak bola Malaysia blak-blakan iri melihat bagaimana Indonesia bisa dengan mudah mendapatkan pemain diaspora.

Dalam unggahannya di X (dulu Twitter) pada Jumat (6/9/2025), @OnefootballM turut memberitakan kabar bahwa dua pemain diaspora, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders bakal dinaturalisasi.

@OnefootballM juga menjelaskan bahwa kedua pemain tersebut merupakan starter di klubnya masing-masing. Mees Hilgers bermain di FC Twente, sedangkan Eliano Reijnders berseragam PEC Zwolle.

"Sudah here we go! Pelik bagaimana proses dokumentasi Wan Kuzain dan Richard Chin sangat lama. Yang ini sebentar saja," tulis @OnefootballM membahas betapa cepatnya proses naturalisasi Eliano Reijnders dan Mees Hilgers.

"Definisi manajemen yang orangnya gagal urus klub domestik lalu naik jabatan di Harimau Malaya," ketusnya lagi merasa kecewa dengan bobroknya manajemen federasi sepak bola Malaysia atau FAM.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Beda Level Baik di Level Timnas Maupun Federasi

Pada unggahan-unggahan sebelumnya, @OnefootballM juga tak malu mengakui kehebatan Timnas Indonesia. Ia menilai Merah Putih tim yang sekarang levelnya berbeda.

"Betul kan admin. Indonesia bisa fight dan nyaris kalah tipis hasil sepakan penalti yang tidak masuk. Level lain."

"Apa jadi dengan bola sepak Indonesia sekarang? Kepimpinan Erick Thohir yang terlalu agresif untuk pengambilan pemain berkualiti."

"FAM pula mengharapkan pemain kacukan yang sertai JDT! Itu perbezaannya."

"Jadi di sini level FAM dan PSSI adalah ibarat Management Sarawak United dan JDT."

3 dari 3 halaman

Update Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

Eliano Reijnders dikabarkan bakal jadi pemain teranyar yang akan dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia. Ia merupakan adik dari Tijjani Reijnders, gelandang AC Milan dan Timnas Belanda.

Eliano Reijnders tidak sendiri. Ia bersama rekannya, Mees Hilgers disebut sudah berada di Jakarta. Keduanya pun disebut bersedia menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan membela Timnas Indonesia.

Meski demikian, ketua umum PSSI, Erick Thohir enggan terlalu berspekulasi. Erick pun enggan menyebut nama Mees Hilgers dan Eliano Reijnders ketika dikonfirmasi.

"Saya belum salaman. Ada dua yang sedang diproses," kata Erick Thohir di Jakarta, Jumat (6/9/2024) sore.

Namun, tidak sampai 24 jam, Erick Thohir akhirnya bersalaman dengan kedua pemain tersebut yang menjadi tanda proses naturalisasi akan dilakukan.

"Tadi sore banyak teman wartawan menanyakan kabar Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Ini saya sudah makan malam bareng dan salaman," tulis Erick Thohir dalam akun Instagram miliknya pada Jumat malam.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer