Sukses


Kakak Irfan Bachdim Ikut Berjasa Wujudkan Keinginan Mees Hilgers Dinaturalisasi Demi Bela Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Mees Hilgers dikabarkan sudah bersedia untuk dinaturalisasi demi membela Timnas Indonesia. Ternyata, kakak Irfan Bachdim, Fardy Bachdim, ikut berjasa mewujudkan keinginan Hilgers untuk menjadi WNI dan berseragam Tim Garuda.

Mees telah tiba di Jakarta untuk bertemu dengan Ketua PSSI, Erick Thohir, Jumat (6/9/2024). Selain pemain berusia 23 tahun tersebut, Eliano Reijnders juga ikut dalam pertemuan tersebut.

Mees Hilgers dan Eliano disebut bersedia menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan membela Timnas Indonesia. Awalnya, Erick Thohir enggan terlalu berspekulasi terkait proses naturalisasi kedua pemain tersebut.

Namun, tidak sampai 24 jam, pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN tersebut akhirnya bersalaman dengan kedua pemain tersebut, sekaligus menjadi tanda proses naturalisasi akan dilakukan dan segera membela Timnas Indonesia.

"Tadi sore banyak teman wartawan menanyakan kabar Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Ini saya sudah makan malam bareng dan salaman," tulis Erick Thohir dalam akun Instagram miliknya pada Jumat malam.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Didekati Sejak Lama

Mees Hilgers melalui akun YouTube FC Twente menyebut sudah sejak lama didekati PSSI untuk dinaturalisasi dan membela Timnas Indonesia. Mees pun mengungkapkan Fardy Bachdim yang merupakan kakak Irfan Bachdim ikut merayunya agar mau membela Timnas Indonesia.

Namun ketika itu, Mees Hilgers yang memiliki darah Indonesia dari sang ibu masih enggan memperkuat Tim Garuda. Dia mengaku masih ingin fokus membela klubnya, FC Twente.

"Sejak masih menjadi pemain muda, ketika saya bermain di Twente untuk U-19, klub liga Indonesia sudah mendekati saya beberapa kali. Semua komunikasi kemudian melalui agen saya saat itu, Fardy Bachdim," ucap Mees Hilgers.

"Fardy mendekati para pemain Belanda, dan menjalin komunikasi dengan mereka untuk bermain bagi Timnas Indonesia. Jadi hubungan dengannya sudah ada, saat itu saya memutuskan untuk tidak pergi ke Indonesia dahulu. Saya pertama kali bermain untuk timnas junior Belanda," lanjutnya.

 

3 dari 4 halaman

Kakak Irfan Bachdim Ikut Berjasa

Perlahan Mees Hilgers mulai tertarik membela Timnas Indonesia. Pemain yang memiliki darah Manado itu menyebut Fardy Bachdim ikut berjasa membantunya untuk menjalani proses naturalisasi.

"Namun lambat laun, saya mulai tertarik kepada Indonesia, dan mulai berpikir 'kenapa tidak?'. Kenapa saya tidak bermain untuk Timnas Indonesia saja. Kontak dengan Fardy Bachdim sudah ada sejak dia menjadi agen saya," jelas Mess.

"Jadi saya hanya mengiriminya pesan jika saya ingin bergabung dengan Timnas Indonesia. Mereka sangat senang dan sama sekali tidak menyangka, saya akan menghubungi mereka. Jadi begitulah prosesnya dimulai, dalam waktu sekitar empat hari, semua dokumen selesai," tambahnya.

 

4 dari 4 halaman

Kerap Jadi Jembatan Proses Naturalisasi Pemain

Fardy Bachdim memiliki peran penting dalam proses naturalisasi sejumlah pemain Timnas Indonesia, terutama yang menjalani karier di Eropa. Fardy ikut menjembatani naturalisasi Ivar Jenner, Shayne Pattynama, dan Rafael Struick.

Pria yang juga seorang agensi pemain di Prime11 tersebut meyakinkan ketiga pemain tersebut untuk memperkuat Timnas Indonesia. Tak hanya itu, Fardy beberapa kali mendampingi pelatih Shin Tae-yong untuk memantau pemain yang memiliki darah Indonesia di Belanda.

Video Populer

Foto Populer