Sukses


YouTuber Amerika Serikat Takjub Lihat Timnas Indonesia Tahan Arab Saudi: Jika Terus Tampil Oke, Mereka Bakal Lolos ke Piala Dunia 2026

Bola.com, Jakarta - YouTuber asal Amerika Serikat, Reynoso dan Soltero, memberikan pujian setinggi langit kepada Timnas Indonesia yang berhasil menahan tim kuat Arab Saudi, pada matchday pertama Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Dalam channel YouTube The Give N Go tersebut, keduanya seakan tak percaya Timnas Indonesia bermain jauh lebih baik ketimbang yang mereka lihat pada Piala Asia 2023 Qatar beberapa waktu lalu.

"Saya kelelahan dan merasa seperti baru saja menghabiskan 99 menit berlari bersama Timnas Indonesia, bro karena tim ini tanding ke Arab Saudi dan mendapat hasil imbang 1-1 yang sangat penting," kata Reynoso membuka obrolan.

"Tetapi energi dari anak-anak, energi dari tim ini melelahkan untuk ditonton dan saya tidak percaya seberapa besar usaha yang mereka lakukan di lapangan dalam pertandingan ini secara keseluruhan," sambungnya.

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Lebih Terorganisir

Duel Arab Saudi kontra Timnas Indonesia yang berlangsung di King Abdullah Sport City Stadium, Jeddah, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB, berakhir dengan skor 1-1.

Tim Garuda unggul lebih dulu via Ragnar Oratmangoen pada menit ke-19. Namun, Arab Saudi menyamakan kedudukan melalui Musab Al Aljuwayr di menit ke-45+3.

Reynoso menyebut tenaga para pemain Timnas Indonesia seakan tak ada habisnya sepanjang pertandingan. Mereka bermain dengan penuh semangat, meski lawan yang dihadapi merupakan langganan Piala Dunia.

"Cara mereka bermain, pemain Indonesia mempertaruhkan segalanya, seperti tidak ada habisnya energi mereka. Indonesia menyerang ketika mereka mendapatkan bola, mulai melaju dan bermain dengan sangat agresif," ulasnya.

"Mereka jauh lebih terorganisir dalam pertandingan ini dibandingkan dengan apa yang saya lihat di Piala Asia dan itu keren untuk melihatnya karena ini adalah tim yang sangat muda. Saya merasa mereka perlahan-lahan mendapatkan pengalaman dan saya pikir hari ini benar-benar menunjukkan betapa banyak pengalaman yang telah mereka peroleh," lanjut Reynoso.

3 dari 4 halaman

Penampilan Terbaik

Senada dengan Reynoso, Soltero juga berpendapat kalau Timnas Indonesia menunjukkan performa berbeda di pertandingan kali ini. Menurtunya, tim besutan Shin Tae-yong itu kini berkembang sangat pesat.

"Indonesia telah meningkat sejak Piala Asia. Ini sebenarnya adalah penampilan terbaik yang pernah saya lihat. Menurut saya hal terbesar yang paling menonjol bagi saya mereka benar-benar terlihat seimbang dengan lawan," ujar Soltero.

"Lebih mematikan dalam serangan balik daripada yang mereka lakukan delapan bulan lalu, tetapi lebih dari itu pertahanan mereka jauh lebih tenang dan terorganisir.Itu sangat menonjol bagi saya karena di Piala Asia pertahanan mereka sangat tidak menentu sehingga sangat kacau dan mereka meninggalkan begitu banyak lubang sehingga membiarkan lawan menyusup ke dalamnya."

"Tetapi pada pertandingan ini mereka terlihat sangat terorganisir dan saya tidak bisa mempercayainya karena saya tidak berpikir hanya butuh delapan bulan untuk pertahanan mereka menjadi rapat, tetapi jika mereka bermain seperti ini di sisa Kualifikasi Piala Dunia, mereka pasti akan lolos ke babak berikutnya dan mungkin saja mereka bisa memperebutkan tempat kedua di klasemen," ucapnya.

 

4 dari 4 halaman

Arab Saudi Menyedihkan

Lebih lanjut, The Give N Go menilai Tim Arab Saudi sangat menyedihkan. Bermain di kandang, kebobolan lebih dulu, sudah begitu gagal mencetak gol dari penalti.

"Menurut saya kinerja yang sangat buruk dari Arab Saudi, Anda bermain di kandang, empat atau delapan tahun yang lalu Arab Saudi memenangkan pertandingan ini terutama di kandang. Tetapi, sekarang mereka berusaha mati-matian untuk mendapatkan gol ke gawang Indonesia."

"Ketika Anda melihat gol-gol yang dibuat atau dicetak oleh Arab Saudi, maksud saya gol pertama adalah defleksi yang aneh dan saya tahu Indonesia juga demikian, tetapi jika Anda menganggap Arab Saudi sebagai sebuah tim besar, apa yang mereka coba lakukan sejujurnya agak menyedihkan."

"Mereka bahkan tidak bisa mencetak gol dari penalti. Sangat mengecewakan jika Anda orang Arab Saudi karena tim ini, apa yang telah mereka lakukan selama delapan tahun terakhir, kini mencapai puncaknya di skuad ini. Sangat mengecewakan sehingga menyedihkan bahwa generasi baru pemain Arab Saudi saja tidak cukup baik."

 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer