Sukses


Ada Arsitek Termuda Berdarah Belanda di Antara 26 Pelatih Klub Pegadaian Liga 2 2024/2025, Siapa Dia?

Bola.com, Kediri - Pegadaian Liga 2 2024/2025 mulai digelar hari ini, Sabtu 7 September 2024. Seremoni pembukaan berlangsung di Stadion Letjen Sudirman, Bojonegoro, dengan sajian duel Persibo Bojonegoro kontra Gresik United.

Ada 26 klub yang memiliki skuad terbaik untuk berlaga di Pegadaian Liga 2 2024/2025. Artinya ada 26 sosok pelatih yang juga sudah mempersiapkan taktik dan strategi untuk bersaing di kasta kedua musim ini.

Deretan nama arsitek kawakan dengan segudang prestasi menghiasi kompetisi kasta kedua sepak bola Indonesia ini.

Ada figur yang sebelumnya beraksi di Liga 1, seperti Djadjang Nurdjaman, Aji Santoso, Seto Nurdiantoro, Kas Hartadi, Nilmaizar, dan Jafri Sastra. Kemudian ada pelatih impor seperti Angel Alfredo Vera dan Gomes de Oliveira.

Selain itu ada pula beberapa mantan pemain Timnas Indonesia yang pernah menjadi asisten pelatih Liga 1. Sudirman, Eduard Ivakdalam, Bejo Sugiantoro, I Putu Gede, dan Ricardo Salampessy mewakili generasi itu.

Bambang Nurdiansyah menjadi jurutaktik paling tua dengan usia 63 tahun. Sementara Stefan Rulin Keeltjes menjadi nakhoda tim termuda karena masih berusia 38 tahun. Sosok inilah yang menarik di Pegadaian Liga 2 musim ini.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Karier yang Cukup Mulus

Stefan berguru langsung ilmu meracik taktik dari sang ayah, Ruddy William Keltjes, ini dengan menjadi asisten pelatih tim Jatim pada PON Papua 2021.

Setelah itu karier Stefan berjalan cukup mulus. Pria yang memiliki darah keturunan Belanda dari ayahnya itu menangani Persikab Bandung di Liga 2. Bali United juga tertarik memakai jasa Stefan untuk mendampingi Stefano Cugurra musim lalu.

Dia sempat dua kali memimpin langsung pertandingan Bali United melawan Persikabo 1973 dan Madura United. Namun tahun ini dia menerima tantangan baru di Gresik United sebagai pelatih kepala.

Laga pembuka Pegadaian Liga 2 2024/2025 melawan Persibo menjadi ujian pertama bagi Stefan Keeltjes.

Dia beradu kepiawaian melawan Regi Raditya yang musim lalu sukses membawa PSBS merengkuh juara Liga 2 sekaligus promosi ke Liga 1 2024/2025. Sayangnya Gresik United kalah 1-2 dari tim tuan rumah dalam laga tersebut.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer