Sukses


Diego Michiels Merasa Netizen Sepak Bola Indonesia Sudah Open Minded Soal Naturalisasi: Demi Kemajuan Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Pemain keturunan yang dinaturalisasi untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) semakin banyak. Terbaru ada Eliano Reijnders dan Mees Hilgers yang diharapkan bisa segera memperkuat Timnas Indonesia.

Diego Michiels juga berstatus sebagai pemain keturunan yang dinaturalisasi. Namun, Diego menjadi generasi awal pemain keturunan yang mendapatkan kesempatan dinaturalisasi dan bisa memperkuat Timnas Indonesia. 

Sebagai informasi, Diego Michiels menjalani proses naturalisasi pada 2011. Saat itu, Diego masih memperkuat klub Belanda, Go Ahead Eagles.

Diego Michiels merasakan ada perbedaan dengan naturalisasi saat ini dan dulu saat ia menjalani proses itu. Menurut pemain berusia 34 tahun ini, banyak pencinta sepak bola Indonesia yang sudah open minded.

"Banyak yang beda, waktu kita masih di Timnas, kalau dua atau tiga pemain naturalisasi di tim itu sudah banyak yang komplain dari netizen. Sudah dibilang mau dijajah ini, gini, segala macam," ujar Michiels dalam acara Trophy Tour Sophee Cup di Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Sabtu (7/9/2024).

"Tapi sekarang saya jujur aja, sekarang sudah berubah semuanya, sekarang sudah mungkin open minded," sambungnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Butuh Naturalisasi

Menurut Diego Michiels, Timnas Indonesia memang perlu melakukan naturalisasi. Terbukti prestasi Skuad Garuda meningkat drastis.

Apalagi pemain naturalisasi yang saat ini ada di skuad Timnas Indonesia adalah mereka yang memiliki darah atau hubungan dengan Indonesia.

"Sekarang sudah didukung semuanya. Indonesia butuh untuk sementara sekarang, butuh pemain naturalisasi untuk kualitas naik dulu," jelas Diego Michiels.

3 dari 4 halaman

3 Caps

Diego Michiels tidak memiliki karier yang cukup bagus di Timnas Indonesia. Di sepanjang kariernya, Diego baru tiga kali mencatatkan caps di Skuad Garuda.

Namun, di level kelompok umur performa Diego Michiels cukup apik. Pemain yang bisa bermain di posisi bek kiri dan bek tengah itu dua kali berlaga di SEA Games yakni pada edisi 2011 dan 2013.

Kini Diego Michiels menikmati karier bersama Borneo FC Samarinda. Klub itu cukup lama dibela oleh Diego.

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2024/2025

Video Populer

Foto Populer