Sukses


Finis Posisi 3-4 Jadi Target Shin Tae-yong, Lantas Bagaimana Skenario Timnas Indonesia Lolos Piala Dunia 2026?

Bola.com, Jakarta - Lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia merupakan gerbang buat Timnas Indonesia melaju sejauh mungkin. Dari sini, peluang untuk mendapatkan slot ke Piala Dunia 2026 cukup besar, meski jelas tidak akan mudah.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sudah hmempersiapkan anak asuhnya menghadapi babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sebab, ada sederet lawan menakutkan yang berpotensi dihadapi skuad Garuda.

Sebelumnya, kesuksesan Timnas Indonesia menembus ketiga dipastikan lewat kemenangan 2-0 atas Filipina pada laga terakhir Grup F di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Selasa (11/6/2024).

Kemenangan ini mengantarkan skuad Merah Putih menduduki peringkat kedua Grup F dan berhak menemani Timnas Irak di puncak klasemen untuk melaju ke babak ketiga. Di fase ini, skuad Garuda menempati Pot 6.

Lantas, bagaimana peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke Piala Dunia 2026?

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Grup Berat

Seperti sudah disebutkan di awal, Timnas Indonesia bakal menjumpai lawan berat pada babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia karena masuk Pot 6. Itu arrtinya, Justin Hubner dkk. akan satu grup dengan tim dari Pot 1-5.

Perlu diketahui, pada babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, sebanyak 18 tim dibagi ke dalam tiga grup yang masing-masing berisikan enam tim. Hanya akan ada dua tim teratas tiap grup yang lolos ke Piala Dunia 2026.

Sebelum ke sana, sebanyak lima dari 17 tim sudah siap menggagalkan ambisi Timnas Indonesia. Bukan sembarangan, negara-negara semacam Jepang, Australia, hingga Bahrain berpeluang menghentikan laju positif anak asuh Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia berhasil menahan imbang Arab Saudi pada matchday 1. Masih ada sembilan pertandingan lainnya yang harus dilalui Merah Putih untuk melaju otomatis ke putaran final Piala Dunia 2026.

 

Jika gagal finis dua teratas pada babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026?

 

3 dari 4 halaman

Babak Keempat

Pada babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, satu grup berisikan enam tim dan cuma dua teratas saja yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2026. Menempati posisi lima dan enam akan menggugurkan Timnas Indonesia. Bagaimana jika finis posisi tiga atau empat?

Timnas Indonesia masih berpeluang lolos ke putaran final Piala Dunia 2026 via babak keempat. Di fase ini, akan ada dua grup berisikan masing-masing tiga tim dan cuma pemuncak klasemen saja yang lolos otomatis ke putaran final.

Finis di posisi ketiga bakal menggugurkan langkah ke Piala Dunia 2026, sementara finis runner-up babak keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia akan menempatkan Timnas Indonesia ke babak kelima.

4 dari 4 halaman

Babak Kelima

Babak kelima Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia akan mempertemukan dua tim posisi ketiga pada babak keempat, dan pemenangnya bakal ditarungkan lagi dengan masing-masing satu tim dari CAF, CONMEBOL, dan OFC, serta dua tim dari CONCACAF.

Dua dari enam tim yang tersisa pada babak kelima Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan 'nge-bye' di semifinal, ditentukan berdasarkan ranking FIFA. Artinya, empat tim lainnya harus saling mengalahkan lebih dulu setelah drawing.

Pada fase ini, hanya ada satu tim yang berhak lolos ke Piala Dunia 2026. Di fase manakah Timnas Indonesia bisa memastikan tiket ke Piala Dunia 2026?

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer