Sukses


Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Pulang ke Belanda, Tidak Nonton Laga Timnas Indonesia Vs Australia

Bola.com, Jakarta - Dua calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, dikabarkan telah kembali ke Belanda pada Sabtu (7/9/2024) malam WIB.

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders tidak akan menonton ketika Timnas Indonesia berhadapan dengan Timnas Australia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Timnas Indonesia bakal meladeni perlawanan Australia dalam partai kedua Grup C di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Selasa (10/9/2024) malam WIB.

"Ya, keduanya kembali ke Belanda pada Sabtu (8/9/2024) malam WIB," ujar manajer Timnas Indonesia, Sumardji.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Rekomendasi

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders tiba di Indonesia pada beberapa hari lalu. Keduanya mengurus proses naturalisasi untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo, telah menerima surat dari PSSI dan bakal merekomendasikan naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders ke DPR RI.

"Surat PSSI baru masuk. Sedang kami siapkan rekomendasi," kata Dito.

3 dari 4 halaman

Rekam Jejak Mees Hilgers

Mees Hilgers sebenarnya bukan nama baru dalam dunia pernaturalisasi-an Timnas Indonesia. Sebelum Justin Hubner dan Jay Idzes bersedia dinaturalisasi tim berjulukan Garuda itu, Mees Hilgers lebih dulu diincar.

Kira-kira pada awal 2022, PSSI mengejar Mees Hilgers bersama pemain keturunan lainnya, Kevin Diks. Namun, dua-duanya lepas. Ketika itu, keduanya disebutkan tidak mendapatkan izin orang tua karena tak bisa memegang paspor ganda Belanda-Indonesia.

Tetapi setelah itu, beredar kabar bahwa Mees Hilgers masih berharap dapat membela Timnas Belanda, diawali dengan panggilan dari Belanda U-21 pada September 2022.

Di usia yang masih cukup muda, 23 tahun, Mees Hilgers sudah kenyang pengalaman. Dia mempunyai 85 caps di Eredivisie. Dia juga merangkum dua partai Kualifikasi Liga Champions, dan sembilan pertandingan Kualifikasi Conference League.

Semuanya dilakukan bersama FC Twente, klub yang dibelanya sejak 2020 sebagai pemain senior dan 2011 ketika masih menjadi pemain junior.

4 dari 4 halaman

Sepak Terjang Eliano Reijnders

Eliano Reijnders adalah saudara laki-laki dari gelandang AC Milan, Tijjani Reijnders, yang pernah membuat Timnas Indonesia naksir berat, namun sang pemain lebih memilih membela Timnas Belanda.

Eliano Reijnders lahir di Tampere, Finlandia, pada 23 Oktober 2000. Dia memiliki darah Indonesia dari ibunya, Angelina Lekatompessy, yang kental berdarah Maluku.

Sekarang, Eliano Reijnders bermain untuk PEC Zwolle di Eredivisie 2024/2025. Dia selalu bermain dalam empat pertandingan di awal musim. Kecuali dalam partai terakhir, Eliano tampil terus sebagai starter selama 90 menit menjadi fullback kanan.

Video Populer

Foto Populer