Sukses


Komentator asal Vietnam Kagum Sama Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia: Ampun, Jangan Dibandingkan-bandingkan Lagi Deh!

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia berhasil meraih hasil positif di awal ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Skuad Garuda mampu menahan imbang tuan rumah tim langganan Piala Dunia, Arab Saudi pada laga pertama.

Timnas Indonesia sanggup menahan imbang Arab Saudi di King Abdullah Sport City Stadium, Jeddah, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB. Hebatnya, tim Merah-Putih berhasil unggul lebih dulu lewat gol Ragnar Oratmangoen.

Pasukan Shin Tae-yong juga mampu memberi tekanan maupun meladeni permainan Arab Saudi. Kiper debutan, Maarten Paes juga tampil heroik dengan menepis penalti kapten lawan, Salem Al-Dawsari.

Hasil draw di Jeddah, membuat Timnas Indonesia menghidupkan persaingan sengit menuju Piala Dunia 2026. Jay Idzes dkk. selanjutnya menjamu Australia di Jakarta, Selasa (10/9/2024).

Apiknya kiprah Timnas Indonesia saat ini, membuat komentator asal Vietnam bernama Quang Huy sangat mengapresiasi pelatih Shin Tae-yong dan para pemain khususnya naturalisasi.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Beda Level

Melansir pemberitaan media Vietnam, Soha, Quang Huy menyebut bahwa Timnas Indonesia sekarang sudah mengalami kemajuan luar biasa dengan kualitas skuad yang ada.

Kepintaran Shin Tae-yong ditunjang pemain-pemain naturalisasi, menjadi kekuatan Timnas Indonesia sekarang ini.

“Indonesia bagus, mereka bermain sangat berbeda sekarang karena skuadnya sangat berbeda, hampir semuanya naturalisasi. Mereka juga punya strategi yang sangat jelas untuk mengembangkan sepak bola. Babak final kualifikasi Piala Dunia 2026 semuanya pemain naturalisasi, dan Piala AFF diperuntukkan bagi pemain muda dalam negeri.

"Pemain naturalisasi yang bermain di Eropa hanya bisa kembali sesuai jadwal FIFA Matchday. Pemain naturalisasi Indonesia lebih baik dari kita, jangan kita bandingkan lagi," tegas Quang Huy.

3 dari 4 halaman

Tidak Kaget

Timnas Indonesia berpotensi menunjukkan kehebatannya pada laga berikutnya melawan Australia. Merah-Putih sedang dalam motivasi tinggi setelah hasil di Jeddah, dan Australia sebagai calon lawan sedang loyo usai dihajar Bahrain.

"Jika Indonesia terus membuat gempa bumi melawan Australia, itu tidak mengherankan. Saya pikir mereka bisa bermain imbang dengan Australia. Mereka sangat bertekad di pertandingan berikutnya. Tapi bertemu Indonesia akan sangat melelahkan," tegas Quang Huy.

4 dari 4 halaman

Belum Teruji

Beda lagi dengan pernyataan komentator lain Vietnam bernama Quang Tung. Ia menyebut Indonesia dianggapnya masih tertinggal jauh dari banyak tim papan atas Asia, meski telah berubah total berkat pemain naturalisasi,

Hanya saja, Quang Tung menilai bahwa Indonesia bisa memberikan kejutan untuk meraih hasil bagus bertemu lawan yang kuat.

"Indonesia harus menghadapi pertandingan satu demi satu. Coba hadapi lawan terdekatnya, seperti Tiongkok, mungkin Bahrain. Itu prediksi awal, tapi di sepak bola, kita baru bisa melihat dengan lebih jelas saat bermain," ujarnya.

Semuanya hanya permulaan, lewat data yang kita punya. Kenyataannya, siapa tahu mungkin Indonesia akan meraih prestasi baru, sementara lawannya tiba-tiba terpuruk."

Sumber: Soha.vn

Video Populer

Foto Populer