Sukses


Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia: Timnas Indonesia Boleh Pede, tapi Australia juga Punya Harga Diri

Bola.com, Kediri - Timnas Indonesia akan menjamu Australia pada matchday kedua putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama GBK, Selasa (10/9/2024).

Tim Garuda berhasil memperbaiki rekor atas Arab Saudi dengan hasil imbang 1-1 di luar kandang pada matchday pertama. Sebaliknya, The Socceroos, julukan Australia, di luar dugaan dipermalukan Bahrain 0-1 di kandangnya.

Hasil laga pertama ini membuat kondisi psikis kedua tim bertolak belakang. Ini yang diprediksi duel bakal berlangsung sengit.

Kendati Jay Idzes dkk. mengantongi modal bagus dan diramal bakal didukung puluhan ribu suporter Indonesia di kandang, tetapi Gusnul Yakin punya analisis menarik.

"Timnas Indonesia punya banyak keuntungan moril melawan Australia. Ini bisa membuat kepercayaan diri pemain Indonesia meningkat. Mereka boleh percaya diri, tapi jangan berlebihan," katanya.

Pengamat sepakbola asal Malang ini menengarai Australia pasti bangkit di Jakarta untuk menebus kekalahan dari Bahrain.

"Bagaimana pun kondisi psikologis mereka, Australia tetap punya harga diri. Materi pemain mumpuni. Rekor kemenangan atas Timnas Indonesia akan membuat Australia juga percaya diri bisa mengalahkan Indonesia," ujarnya.

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Australia Kalah dari Bahrain karena Sial

Gusnul Yakin yang menyaksikan tayangan langsung pertarungan Australia dengan Bahrain melalui layar kaca, menilai pemain Timnas Indonesia harus punya motivasi besar di lapangan ketika menghadapi Socceroos.

"Australia kalah dari Bahrain karena sial saja. Mereka menguasai permainan dan punya banyak peluang," ujar Gusnul Yakin.

"Tim Australia sudah berkumpul lama, sementara Indonesia masih mencari bentuk terbaik dengan masuknya pemain baru. Indonesia harus tampil spartan jika ingin menang," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Jangan Takut Melakukan Kesalahan

Bermain di SUGBK, menurut Gusnul Yakin penggawa Tim Garuda lebih baik bermain normal saja dan jangan takut melakukan kesalahan.

"Ini kesempatan memperbaiki rekor atas Australia, seperti ketika melawan Arab Saudi. Kemarin Bahrain bermain negatif dengan banyak drama. Indonesia main normal, tetapi harus agresif," ujar Gusnul Yakin.

"Kuncinya jangan takut salah. Saya pikir Australia juga memikirkan kekuatan Timnas Indonesia yang sudah banyak berubah," lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Klasemen Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Klasemen

Pos  Negara  Main Menang Seri Kalah  SG Poin
 1.  Jepang  1  1  0  0  7-0  3
 2.   Bahrain  1  1  0   0  1-0   3
 3.    Arab Saudi  1  0  1  0  1-1   1
 4.    Indonesia  1  0  1  0  1-1  1
 5.   Australia   1  0  0  1  0-1  0
 6.    China   1   0  0  1  0-7  0
Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer