Sukses


Maarten Paes Bicara Kualitas Timnas Indonesia Jelang Tantang Australia: Levelnya Sudah Bagus, Kami Makin Pede!

Bola.com, Jakarta - Penampilan Timnas Indonesia terus mengalami peningkatan belakangan ini. Penampilan di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 menjadi bukti nyata akan hal itu.

Penampilan yang meningkat dari Timnas Indonesia itu datang karena berbagai faktor. Namun, faktor kehadiran pemain keturunan dan sosok Shin Tae-yong dinilai cukup penting.

Misalnya kehadiran kiper baru, Maarten Paes. Pemain yang memiliki darah Belanda itu langsung menjadi andalan baru di bawah mistar Timnas Indonesia.

Menurut Maarten Paes, Timnas Indonesia sudah memiliki kualitas skuad dan permainan yang bagus. Hal itu terlihat dari penampilan Skuad Garuda saat menahan imbang 1-1 Timnas Arab Saudi di Jeddah beberapa hari lalu.

"Bisa dilihat banyak kesempatan-kesempatan yang hadir saat laga melawan Arab Saudi karena kualitas individu, dan memang level Timnas Indonesia harus sampai di situ. Kami sudah mencapainya sekarang, levelnya bagus," ujar Maarten Paes.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Harus Berkualitas

Maarten Paes pun membandingkan sepak bola di level klub dan Timnas. Menurut Paes, bermain di level Timnas lebih menantang.

Sebab, para pemain hanya memiliki waktu beberapa hari sebelum menjalani laga. Maka dari itu, dibutuhkan para pemain yang memiliki kualitas bagus.

"Pertandingan di Timnas itu selalu berbeda ya dibandingkan pertandingan di klub, karena laga klub kita selalu bersama-sama dengan beberapa pemain setiap pekan, penuh taktikal, sedangkan persiapan laga Timnas kita cuma punya waktu beberapa hari saja untuk bersiap," ujar Paes.

"Jadi semua tergantung kualitas individu pemain yang bagus," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Pede Hadapi Australia

Maarten Paes kemudian menyebut skuad Timnas Indonesia tengah dilanda rasa kepercayaan diri yang tinggi. Hal itu didapat setelah menahan imbang Timnas Arab Saudi di Jeddah.

Maarten Paes pun berharap rasa percaya diri itu akan terus berlanjut dan Timnas Indonesia bisa meraih hasil maksimal saat menjamu Timnas Australia di SUGBK.

"Kepercayaan diri tim tengah meningkat, apalagi kami dapat hasil imbang dalam laga tandang sulit di kandang Arab Saudi. Kami menunjukkan kemampuan kami, secara pertahanan kami bagus, dan semoga ini berlanjut di laga lawan Australia," tandas Maarten Paes.

Video Populer

Foto Populer