Sukses


Timnas Indonesia Vs Australia di SUGBK, Presiden Jokowi Berencana Beri Dukungan Langsung

Bola.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo akan hadir langsung untuk menyaksikan pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia antara Timnas Indonesia dan Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2024).

Presiden yang karib disapa Jokowi itu ingin memberikan dukungan dan semangat kepada Timnas Indonesia dalam laga penting ini.

"Bapak Presiden berencana untuk menyaksikan pertandingan sepak bola antara Indonesia dan Australia di GBK. Ini adalah bentuk dukungan dan semangat untuk Timnas, ungkap Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana, kepada wartawan pada Senin (9/9/2024).

Timnas Indonesia akan melanjutkan perjuangan mereka dalam kualifikasi Piala Dunia 2026, dan kali ini, Stadion Gelora Bung Karno menjadi saksi bagi mereka untuk menghadapi Australia.

Tim Garuda siap bertarung melawan Australia dalam matchday kedua Grup C yang akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Selasa malam WIB (10/9/2024).

Setelah menyelesaikan laga pertama putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Arab Saudi dengan hasil imbang 1-1, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengungkapkan ambisi besar untuk membawa skuad Merah Putih mencapai prestasi tertinggi dan menjadi kuda hitam di Grup C.

"Saya sangat percaya kepada kemampuan para pemain Timnas Indonesia. Saya akan terus memberikan semangat dan dorongan kepada mereka agar bisa mencapai level tertinggi," kata STY, seperti yang dikutip dari situs resmi PSSI.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Jadi Kuda Hitam

"Kami memiliki tujuan yang jelas di fase ini. Kami ingin menjadi kuda hitam dalam kualifikasi," ungkap pelatih yang sebelumnya melatih Timnas Korea Selatan itu.

Melihat dari catatan pertemuan, Australia bukanlah lawan yang mudah bagi Timnas Indonesia. Dalam pertemuan terakhir di Piala Asia 2023, skuad Garuda harus menelan kekalahan telak dengan skor 0-4 dari Socceroos.

Namun, sejarah mencatat bahwa Timnas Indonesia pernah meraih kemenangan atas Australia. Momen bersejarah itu terjadi saat kedua tim bertemu dalam Kualifikasi Piala Dunia 1982, lebih dari empat dekade yang lalu.

3 dari 3 halaman

Jokowi Bangga Timnas Indonesia Tahan Imbang Arab Saudi

Presiden Joko Widodo, atau akrab disapa Jokowi, sempat mengungkapkan kebanggaannya terhadap Timnas Indonesia yang berhasil menahan imbang Arab Saudi dengan skor 1-1 dalam laga babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026, yang berlangsung pada Jumat (6/9/2024) dini hari.

Meski mengantuk saat menyaksikan pertandingan, Jokowi tetap memberikan apresiasi kepada Timnas Indonesia yang menunjukkan semangat juang yang tinggi melawan lawan yang tangguh.

"Gimana? Iya, gimana? Ngantuk, ya ngantuk. Namun, kita patut berbangga timnas kita bisa memberikan perlawanan yang baik," ungkap Jokowi kepada para wartawan di Pasar Soponyono, Surabaya, Jawa Timur.

Jokowi juga menyoroti beberapa peluang emas yang dimiliki Timnas Indonesia untuk mencetak gol. Dia merasa bersyukur ketika kiper Maarten Paes berhasil menggagalkan tendangan penalti dari pemain Arab Saudi, Salem Al Dawsari.

"Bahkan beberapa kali memiliki peluang yang sangat bagus untuk sepertinya bisa menambah gol. Tapi Alhamdulillah juga penaltinya enggak masuk. Ini juga patut disyukuri sehingga digagalkannya peluang dari Arab Saudi bisa membawa 1 poin," tambahnya.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer