Sukses


Shin Tae-yong Sebut Australia Lebih Jago setelah Pindah ke AFC: Dibantu Negara-Negara Asia

Bola.com, Jakarta - Timnas Australia melakukan keputusan besar pada 2006. Saat itu Socceroos pindah dari OFC (Oseania) menuju AFC (Asia).

Perpindahan itu bertujuan agar Timnas Australia lebih mudah mendapatkan tiket ke Piala Dunia. Sebab, AFC menyediakan tiket yang lebih banyak ke ajang itu dibandingkan OFC.

Benar saja, setelah pindah ke AFC, Timnas Australia menjadi langganan lolos ke Piala Dunia. Socceroos bahkan selalu lolos sejak edisi 2010 sebagai salah satu wakil Asia.

Timnas Australia pun saat ini menjadi salah satu tim kuat di Asia yang levelnya tidak jauh berbeda dengan Timnas Jepang, Timnas Korea Selatan, dan Timnas Iran.

"Dengan Australia pindah ke Asia dari Oseania, sepak bola Australia semakin baik karena di sana rivalnya cuma Selandia Baru," ujar Shin Tae-yong.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Terbantu

Selain itu, menurut Shin Tae-yong kehadiran Timnas Australia di AFC juga membantu meningkatkan level permainan Socceroos. Sebab, mereka memiliki kesempatan menghadapi lawan-lawan yang lebih kompetitif.

Diketahui, selama di OFC, Australia bersama Selandia Baru sangatlah dominan. Mereka kerap bergantian mendominasi wilayah itu.

"Tetapi dengan ke Asia ada Korea Selatan, Jepang, Iran dan Arab Saudi, tim-tim kuat sepak bolanya," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Yakin Menang

Timnas Indonesia akan menghadapi Timnas Australia dalam laga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Laga itu akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/9/2024) malam.

Shin Tae-yong yakin dengan peluang Timnas Indonesia pada laga itu. Shin pun meminta doa dari masyarakat.

"Dulu memang ada perbedaan fisik, jadi mungkin hal-hal seperti itu bisa terjadi. Tapi untuk kedepannya tidak akan terjadi lagi, mohon percaya pada kami, dan beri dukungan penuh buat Timnas Indonesia," tandasnya.

Video Populer

Foto Populer