Sukses


Sanjungan Media Amerika Serikat untuk Timnas Indonesia saat Tahan Australia: Mereka Lewatkan 2 Duel Mengerikan dengan Poin Berharga

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia membuat kejutan saat berhasil menahan Timnas Australia pada matchday kedua Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Kesuksesan Tim Garuda memetik satu poin mendapat pujian dari media Amerika Serikat, ESPN.

Duel Timnas Indonesia versus Australia berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (10/9/2024) malam WIB. Laga ini berkesudahan dengan skor kacamata alias 0-0.

Indonesia sekali lagi menunjukkan bahwa mereka mampu bertahan melawan negara-negara besar di Asia. Begitu judul artikel yang dibuat ESPN. Media tersebut memuji habis performa Garuda yang bisa mengimbangi perlawanan Socceroos.

"Mereka mempertahankan awal tak terkalahkan untuk babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, dengan hasil imbang mengesankan lainnya melawan lawan yang berperingkat jauh lebih tinggi," tulis ESPN seperti dikutip pada Selasa (10/9/2024) malam WIB.

"Timnas Indonesia sekali lagi menunjukkan mereka mampu menandingi tim terbaik di benua ini," sambungnya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tidak Diunggulkan, tetapi...

Di atas kertas, Timnas Indonesia tidak diunggulkan dari lawan-lawannya di Grup C kualifikasi Piala Dunia 2026. Termasuk dalam dua laga awal melawan Arab Saudi dan Australia. Namun, pasukan Shin Tae-yong itu membuktikan bahwa Garuda mampu menandingi tim-tim unggulan.

"Lima hari sebelumnya, salah satu malam paling terkenal dalam sepak bola Indonesia terjadi saat hasil imbang 1-1 saat bertandang ke Arab Saudi, tim yang berada di peringkat ke-77, di atas ranking 133 dunia Indonesia pada klasemen FIFA," ulas ESPN.

"Pada hari Selasa, ujian berat lainnya datang dari pemain Australia yang ada di peringkat ke-24, yang sangat ingin bangkit dari kekalahan mengejutkan 0-1 pada laga pembuka melawan Bahrain."

"Australia melawan tim yang tidak diunggulkan, yang mereka kalahkan 4-0 pada awal tahun ini di Piala Asia. Namun jika ada tim yang menantikan pertarungan sejak peluit pembuka dibunyikan, itu adalah Indonesia," lanjut media tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Indonesia Raih Poin dari Duel Mengerikan

ESPN seolah tak menyangka Timnas Indonesia bisa melewati dua pertandingan awal Grup C dengan raihan dua poin yang sangat berharga. Padahal sejak drawing, Jay Idzes dkk. sama sekali tidak diperhitungkan untuk dapat berbicara banyak pada kualifikasi kali ini.

"Dianggap sebagai 'grup maut' di putaran ketiga kualifikasi Asia, Indonesia entah bagaimana berhasil keluar dari pertandingan pembuka yang tampak mengerikan dengan dua poin berharga," kata ESPN.

"Sontak, target finis empat besar yang dicanangkan pelatih Shin Tae-yong, yang setidaknya bisa membawa Indonesia melaju ke babak berikutnya tak lagi tampak muluk-muluk," paparnya.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia untuk sementara menempati peringkat keempat klasemen Grup C dengan torehan dua angka.

 

4 dari 4 halaman

Banyak PR

Skuad Garuda akan kembali beraksi pada Oktober mendatang. Mereka bakal menjalani dua pertai away ke markas Bahrain (10/10/2024) dan China (15/10/2024).

"Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan Indonesia, karena mereka telah mencatatkan beberapa hasil imbang, sekarang saatnya untuk melangkah lebih jauh dan meraih beberapa kemenangan," ujar ESPN.

"Dan tampaknya tidak ada peluang yang lebih baik pada bulan Oktober ketika mereka menghadapi Bahrain dan China, yang setidaknya di atas kertas tampak sebagai pertandingan yang paling bisa dimenangkan."

"Untuk saat ini, Indonesia dapat melihat kembali apa yang telah mereka lakukan selama seminggu terakhir dengan cukup puas dan mendapatkan lebih banyak dorongan di masa depan sehingga dapat bertahan melawan para elite Asia," pungkasnya.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer