Sukses


Timnas Indonesia Tahan Australia, Ketua PSSI: Kita Sering Diremehkan, Sekarang Buktikan Bisa Seimbang Kan

Bola.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengapresiasi hasil imbang 0-0 Timnas Indonesia saat menjamu Australia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (10/9/2024). Erick menyebut Skuad Garuda mulai membuktikan diri bisa kompetitif lawan tim-tim kuat di Asia. 

Timnas Indonesia mengawali sepak terjang di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan baik. Tim besutan Shin Tae-yong bisa mendulang dua poin dari dua laga pertama yang berat melawan tim-tim langganan Piala Dunia. 

Yang pertama, Timnas Indonesia mencuri satu poin saat melawat ke markas Arab Saudi setelah laga berkesudahan 1-1, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB. Arab Saudi bukan lawan yang mudah, karena menjadi tim langganan Piala Dunia 2026 dan menempati peringkat ke-55 FIFA. 

Pada laga kedua, Timnas Indonesia juga meraih hasil yang cukup apik melawan Australia, yang menempati peringkat ke-24 FIFA. Skuad Garuda membuat The Socceross frustrasi dan harus puas pulang dengan skor 0-0. 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tetap Harus Perbaiki Diri

"Kita kan selalu dipandang rendah sama Australia. Hari ini kita buktikan, ya seimbang-seimbang saja," kata Erick Thohir selepas laga Timnas Indonesia versus Australia. 

Namun, Erick menegaskan Timnas Indonesia tidak boleh berpuas diri dulu. Ia mengatakan Tim Merah Putih tetap harus memperbaiki penampilan dalam delapan laga tersisa di Kualifikasi Piala Dunia 2026.  

"Tetapi, harus perbaiki juga permainan kita kalau kita ingin lolos ke Piala Dunia," tegas Menteri BUMN tersebut. 

 

3 dari 4 halaman

Penampilan Impresif Maarten Paes

Sementara itu, penampilan Maarten Paes saat Timnas Indonesia bersua Australia pada laga kedua putaran ketiga Grup C kualifikasi Piala Dunia 2026, mendapat pujian dari pelatih Shin Tae-yong. Menurut STY, Paes memimpin rekan setimnya dengan baik.

Meladeni Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/9/2024) malam WIB, Maarten Paes kembali dipercaya mengawal gawang Timnas Indonesia. Sebelumnya, kiper berusia 26 tahun tersebut menghuni pos di bawah mistar gawang ketika Tim Garuda bermain imbang 1-1 kontra Arab Saudi, 6 September 2024.

Maarten Paes bermain impresif dalam duel melawan Australia. Dia berhasil melakukan lima penyelamatan, dan membuat gawang Timnas Indonesia clean sheet.

Paes menepis dua kans mencetak gol yang didapat Harry Souttar pada menit ke-21 dan 23', sepasang peluang emas Craig Goodwin menit ke-34 dan 58', serta bola hasil tendangan Adam Taggart pada menit ke-68.

Penampilan solid Maarten Paes di pos penjaga gawang membuat Timnas Indonesia berhasil menahan Australia dengan skor 0-0.

  

4 dari 4 halaman

Pujian Shin Tae-yong

Pelatih Shin Tae-yong mengaku puas dengan penampilan kinclong Maarten Paes ketika mengawal gawang Timnas Indonesia. Menurut pelatih asal Korea Selatan tersebut, Paes mampu menjadi pemimpin untuk rekan setimnya, terutama di lini belakang.

"Pertandingan pertama dan kedua sama, Maarten bermain sangat baik dan sebagai pemain paling belakang, memimpin timnya dengan baik," ucap mantan pelatih Timnas Korea Selatan tersebut selepas pertandingan.

"Mungkin ke depannya akan menjadi lebih baik jika semakin kompak dengan satu sama lain," tambah Shin Tae-yong.

 

Video Populer

Foto Populer