Sukses


Belum Sempat Debut di BRI Liga 1, Bek Asal Brasil Resmi Didapuk Jadi Kapten Baru Persis Solo

Bola.com, Jakarta Persis Solo kini memiliki sosok kapten baru untuk menghadapi lanjutan BRI Liga 1 2024/2025. Seluruh elemen tim sudah sepakat untuk mendapuk bek asal Brasil, Eduardo Kunde, sebagai pemimpin baru.

Pelatih Persis Solo, Milomir Seslija, berharap Eduardo Kunde bisa menjadi solusi atas krisis komunikasi yang terjadi antarpemain asing. Dia bakal menjadi jembatan karena mampu menggunakan sejumlah bahasa.

“Tentu ada alasan mengapa Kunde ditunjuk menjadi kapten Persis. Dia bisa menjadi penghubung untuk pemain, baik yang menggunakan bahasa Inggris, Spanyol, maupun Portugis,” kata Milomir Seslija.

“Keputusan ini diambil karena kami membutuhkan sosok pemimpin yang bisa mengkomunikasikan segala hal di lapangan. Ini adalah keputusan yang bagus untuk semua pihak,” imbuhnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Siap Bertanggung Jawab

Kunde sudah mulai memikul peran sebagai kapten tim saat Persis Solo menghadapi Barito Putera pada laga persahabatan yang berlangsung saat mereka menggelar pemusatan latihan (TC) di Yogyakarta.

Bek berusia 26 tahun itu pun siap untuk menjalankan peran barunya tersebut. Selain itu, Kunde juga akan berdiskusi dengan beberapa pemain yang sempat mendapat tugas serupa di Laskar Sambernyawa.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dari pelatih dan seluruh pemain, karena saya diberi tanggung jawab untuk menjadi pemimpin di lapangan,” ujar Eduardo Kunde.

“Namun, saya tidak seorang diri, karena ada beberapa sosok pemimpin dalam tim ini dan saya akan berbicara terlebih dahulu dengan mereka,” bek tengah kelahiran 17 September 1997 itu menambahkan.

3 dari 4 halaman

Butuh Komunikasi

Menariknya, Eduardo Kunde menjadi salah satu pemain yang belum mengukir debut bersama Persis Solo di BRI Liga 1 2024/2025. Sebab, dia sempat absen pada tiga pertandingan awal karena mengalami cedera.

Kehadirannya memang sudah ditunggu-tunggu oleh para pendukungnya. Apalagi, dia menampilkan performa yang menjanjikan saat tampil di ajang pramusim, Piala Presiden 2024.

Kunde berharap, komunikasi antarpemain Persis bisa semakin lancar pada laga berikutnya. Ini sangat krusial untuk menjalin koordinasi di lapangan. Selain itu, dia juga menekankan pentingnya kerja sama antar seluruh elemen tim.

“Kami harus saling berkomunikasi, berbicara, dan memotivasi satu sama lain. Saya juga membutuhkan bantuan semua orang untuk menjaga energi dan motivasi tim yang luar biasa untuk meraih target musim ini,” tuturnya.

4 dari 4 halaman

Andalan di Pramusim

Sebetulnya, Eduardo Kunde sudah menjadi andalan utama Persis Solo selama mengarungi ajang pramusim, Piala Presiden 2024. Dia selalu mendapatkan kesempatan bermain dari Milomir Seslija sejak bergabung dengan Laskar Sambernyawa.

Bahkan, pada tiga pertandingan terakhir, Kunde selalu turun secara penuh selama 2x45 menit. Dia menjadi rekan duet Ricardo Lima yang sangat solid untuk mengawal jantung pertahanan.

Video Populer

Foto Populer