Sukses


BRI Liga 1: Kondisi Lapangan yang Kurang Oke Jadi Penyebab PSM Tak Mampu Kalahkan Persib

Bola.com, Balikpapan - PSM Makassar tak mampu mengalahkan Persib Bandung pada laga pekan keempat BRI Liga 1 musim ini. Pelatih PSM, Bernardo Tavares, menyebut buruknya kondisi lapangan Stadion Batakan, Balikpapan menjadi penyebab timnya gagal meraih tiga poin.

Menjalani pertandingan pada Rabu (11/9/2024) sore WIB, PSM Makassar mendapat perlawanan sengit dari Persib Bandung. Tim Juku Eja mencatatkan 42 persen penguasaan bola, berbanding 58 persen milik Tim Maung Bandung.

Selain itu, PSM melepaskan dua tembakan yang semuanya mengarah ke gawang. Di sisi lain, Persib tanpa melakukan satu pun tembakan. Sampai duel berakhir, skor imbang tanpa gol tetap bertahan.

"Pertandingan tadi bukan pertandingan yang cantik dan lapangan juga tidak memperbolehkan atau mengizinkan kami main bola-bola bawah, dan kadang-kadang kalau memberikan long ball passingnya tidak akurat," jelas pelatih Bernardo Tavares selepas pertandingan.

"Apalagi kami memberikan bola-bola bawah, passingnya tidak akurat dan ini memberikan triger pada Persib untuk press kami saat passing tidak akurat," lanjut pelatih PSM Makassar berusia 44 tahun tersebut.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Lapangan Tak Mendukung

Diakui Tavares, kondisi lapangan sangat tidak mendukung permainan pasukannya meski Stadion Batakan, Balikpapan ini disebutkan Tavares luar biasa bagus.

"Stadion luar biasa namun lapangannya begitu, dan kami harus bermain sesuai kondisi yang mengizinkan. Kalau kami bandingkan dengan Persib, kami adalah tim yang banyak kehilangan pemain penting," kata pelatih PSM Makassar asal Portugal itu.

Walau demikian, dalam permainan, pasukannya diakui Tavares memiliki lebih banyak shoot on goal dibandingkan Persib Bandung, termasuk jumlah tendangan penjuru. Sayangnya, tidak bisa mencetak gol sehingga hanya bisa membawa satu poin dari tim juara BRI Liga 1 2023/2024.

 

3 dari 5 halaman

Butuh Dukungan Sporter

Bernardo Tavares berharap untuk pertandingan selanjutnya bisa meraih kemenangan dan mendapat dukungan suporter setia PSM lebih banyak lagi, agar menambah motivasi bagai para pemainnya.

"Untuk pertandingan selanjutnya saya berharap suporter datang untuk mendukung kami. Sekarang kondisi kami tidak bisa mengandalkan tujuh pemain dengan alasan berbeda, ada yang cedera dan dipanggil timnas, dan kami adalah tim yang memiliki rata-rata usia skuad yang paling muda di Liga 1," ungkap Tavares.

"Jadi saya berharap suporter kami datang mendukung kami karena pemain-pemain layak mendapatkan dukungan kalian seperti halnya di pertandingan ini," tambahnya.

 

4 dari 5 halaman

Tatap Duel Kontra Arema FC

Sementara itu, Rasyid Assahid Bakri mengaku semua rekan-rekannya di PSM Makassar sudah berusaha keras untuk mengalahkan tim juara musim lalu, Persib Bandung, demi meraup tiga poin. Namun, hasil akhir malah imbang tanpa gol.

"Selanjutnya kami akan fokus melawan Arema. Apa yang dikatakan pelatih, kami butuh dukungan suporter, semoga pertandingan selanjutnya kami bisa kembali meraih tiga poin," harap Rasyid Bakri.

Meski hanya meraih satu angka, PSM Makassar tetap berada di puncak klasemen sementara BRI Liga 1 musim ini dengan nilai empat. Hasil dari tiga kemenangan dan sekali imbang.

Adapun Persib Bandung menghuni posisi tujuh dengan mendulang enam poin. Koleksi angka tersebut diperoleh Persib berkat sekali imbang dan tiga imbang.

5 dari 5 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer