Sukses


Belum Ketemu Timnas Indonesia, Suporter China Mulai Hopeless, Minta Pelatihnya Mundur

Bola.com, Jakarta - Suporter Timnas China sepertinya sudah hopeless alias putus asa. Yap, mereka tampaknya ingin mengibarkan bendera putih melihat kiprah timnas di bawah asuhan pelatih Branko Ivankovic di Kualifikasi Piala Dunia 2023 zona Asia putaran ketiga.

Dari dua kali bermain, calon lawan Timnas Indonesia di Grup C ini selalu kalah. Hasil ini membuat Timnas China ada posisi buncit klasemen Grup C, dengan hanya memasukkan satu gol dan kemasukan sembilan gol.

Di laga pertama pada 7 September lalu di Stadion Saitama, Team Dragons dibantai Jepang 0-7. Lalu, bermain di kandang sendiri di Stadion Dalian Suoyuwan Football, Dalian, menjamu Arab Saudi (10/11/2024), Behram Abduweli dkk. takluk 1-2, padahal Arab Saudi hanya bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-19 setelah Mohamed Kanno mendapat kartu merah.

Sesaat setelah laga kontra Arab Saudi usai, cemoohan menggema di seisi stadion, dan Ivankovic menjadi sasaran kemarahan pendukung China.

Di platform media sosial Weibo, tagar "Sepak bola China. Tidak ada harapan" dan "Ivankovic mundur" mulai menjadi tren dalam beberapa menit.

Media pemerintah kelas berat, People's Daily, juga sudah mengkritisi Ivankovic pada Rabu lalu. "Jika seorang jenderal tidak kompeten, tentara akan kelelahan," kata People's Daily dalam sebuah komentar yang menjadi viral di Weibo.

"Seseorang harus melangkah maju dan bertanggung jawab," lanjut People's Daily, yang juga mengkritik taktik dan pergantian pemain di Timnas China yang dilakukan Ivankovic.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Masih Ada Waktu

Sejak ditunjuk pada bulan Februari untuk menggantikan pelatih asal Serbia, Aleksandar Jankovic, Ivankovic hanya memenangkan satu dari enam pertandingan yang dipimpinnya, dua kali seri dan tiga kali kalah.

Kendati mulai tak mendapat dukungan dari kalangan suporter, Ivankovic masih merasa belum ingin mundur. "Pertanyaan itu seharusnya tidak ditujukan kepada saya," jawab pelatih asal Kroasia itu ketika ditanya perihal masa depannya.

Ivankovic, yang memiliki karier manajerial panjang termasuk di Iran, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Oman, mengatakan bahwa masih ada waktu untuk menyelamatkan harapan China di Piala Dunia.

"Kami mengalami kekalahan besar pada pertandingan pertama, tetapi kami membaik pada pertandingan kedua," kata Ivankovic.

"Grup ini memiliki beberapa lawan yang kuat, dan tujuan kami adalah mencapai empat besar. Kami sedang berusaha untuk mencapai itu, dengan delapan pertandingan yang masih tersisa," lanjutnya.

Sebagai catatan, China baru sekali mencapai Piala Dunia, yaitu pada edisi 2002. Pertandingan terdekat China di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran ketiga adalah melawan Australia pada 10 Oktober, dan menjamu Timnas Indonesia pada 15 Oktober 2024.

 

Sumber: AFP

3 dari 3 halaman

Klasemen Putaran Ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Klasemen

Pos  Negara  Main Menang Seri Kalah  SG Poin
 1.  Jepang  2  2  0  0  12-0  6
 2.   Arab Saudi  2  1  1   0  3-2   4
 3.    Bahrain  2  1  0  1  1-5   3
 4.    Indonesia  2  0  2  0  1-1  2
 5.   Australia   2  0  1  1  0-1  1
 6.    China   2   0  0  2  1-9  0

*Klasemen per Rabu, 11 September 2024 pukul 01.00 WIB

 
Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer