Sukses


Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Dituding Pegang Dua Paspor, PSSI: Kok Bisa-Bisanya Pertanyakan Kebangsaan Mereka

Bola.com, Jakarta - Sejumlah pemain naturalisasi Timnas Indonesia disebut-sebut memegang dua paspor. Exco PSSI, Arya Sinulingga, langsung memberikan respons terkait kabar tersebut.

Isu paspor ganda pemain naturaliasi Timnas Indonesia dilontarkan mantan Duta Besar RI untuk Polandia, Peter Gontha. Pria yang juga seorang pengusaha itu merasa resah dengan program naturalisasi yang dilakukan PSSI untuk Timnas Indonesia.

"Apakah Anda tahu bahwa naturalisasi mereka hanya sementara, karena mereka mempunyai dua paspor, nanti kalau sudah selesai main di Indonesia mereka akan buang status WNI mereka? (saya tahu)," tulis Peter Gontha di akun Instagram pribadi miliknya.

Dua pemain Timnas Indonesia yang diduga memegang dua paspor adalah Jay Idzes dan Maarten Paes. Selain berstatus WNI, bang Jay dan Paes juga kabarnya belum melepas paspor Belanda miliknya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Respons PSSI

Unggahan Peter Gontha tersebut menjadi ramai di dunia maya. Exco PSSI, Arya Sinulingga, pun buka suara terkait kabar dual paspor sejumlah pemain Timnas Indonesia.

"Bisa kami jelaskan nih. Yang pasti pemain diaspora itu, mereka punya darah Indonesia. Bahkan ada bapak atau ibunya itu orang Indonesia, orang Maluku, atau orang Manado asli gitu," ucap Arya.

"Kok bisa-bisa mempertanyakan mereka gitu, dan kebangsaan mereka. Mereka udah kita urus sesuai dengan hukum di Indonesia. Mereka mendapatkan status warga negara, kemudian mereka juga kita bawa nih ke FIFA. Pindah federasi dari negara asalnya menjadi federasinya Indonesia," lanjutnya.

 

3 dari 3 halaman

Pakai Paspor Indonesia

Arya Sinulingga juga menegaskan para pemain diaspora, masuk dan keluar Indonesia memakai paspor Indonesia. Dia pun berharap kabar paspor ganda sejumlah pemain tersebut jangan sampai mengaburkan pencapaian impresif, yang telah diukir Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

"Aa tadi nanya-nanya soal paspornya, dan yang pasti ketika masuk ke Indonesia, dia pakai paspornya Indonesia. Ketika keluar dari Indonesia, dia juga pakai paspornya Indonesia," tegasnya.

"Enggak usah buat kontroversi-kontroversi yang tak benar gitu. Kalau dibilang maslah pembinaan usia dini. Hei, lihat. Lihat tuh Timnas U-16 kita gimana kemarin. Kemudian Timnas U-19 kita juara Piala AFF loh, Asia Tenggara."

"Artinya ini regenerasinya bagus. Timnas U-23 kita itu pun kemarin sampai semifinal. Bahkan sampai ke Paris untuk playoff Olimpiade. Artinya ini tahapan dari muda sampai senior ini berjalan. Jadi tolong ayo kita bangga terus dengan timnas kita, bangga terus dengan Merah Putih," ucap Arya Sinulingga.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer