Sukses


Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Segera Jadi WNI, Skuad Timnas Indonesia Makin Dalam di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan kembali berlaga di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Oktober 2024. Tim berjulukan Garuda itu bakal menjalani dua laga away yang cukup berat.

Pasukan Shin Tae-yong dijadwalkan bertandang ke markas Timnas Bahrain di Bahrain National Stadium (10/10/2024). Setelah itu bersua Timnas China di Qingdao Youth Football Stadium (15/10/2024).

Timnas Indonesia sudah merampungkan dua pertandingan Grup F putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Arab Saudi dan Australia.

Dari laga itu, Garuda berhasil mengamankan dua poin berharga setelah menahan imbang lawan-lawannya.

Pelatih sekaligus pengamat sepak bola nasional, Erwan Hendarwanto menyebut hasil imbang 1-1 kontra Arab Saudi dan 0-0 versus Australia menjadi modal bagus sebelum Timnas Indonesia melakoni dua laga tandang.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Semoga Tetap Kukuh

Skuad Garuda memang gagal memetik kemenangan, tetapi berhasil mengimbangi lawan yang secara peringkat dan pengalaman jauh di atas Timnas Indonesia tentu bukanlah hal yang mudah. Erwan Hendarwanto mengakui hal itu.

Dalam dua laga itu pula, Timnas Indonesia lebih banyak tertekan dan kalah dalam penguasaan bola, maupun peluang tembakan ke arah gawang. Namun, mereka bisa sekuat tenaga menahan gempuran bergelombang dari sang lawan.

"Skema counter attack tidak bisa dilakukan karena mudah kehilangan bola saat melawan Australia, tetapi penampilan cemerlang Maarten Paes dan semua pemain belakang bisa meredam agresivitas lawan," ujar Erwan Hendarwanto kepada Bola.com, Sabtu (14/9/2024).

"Begitu juga saat melawan Arab Saudi, Maarten Paes bermain sangat luar biasa dan kinerja lini belakang patut diapresiasi. Ya semoga Timnas Indonesia bisa konsisten dan pekerjaan rumah untuk sektor depan bisa segera diselesaikan jelang laga away bulan depan," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Tambah 2 Amunisi Baru

Sementara di sisi lain, Timnas Indonesia akan mendapatkan tambahan amunisi baru dalam waktu dekat. Saat ini PSSI tengah ngebut memproses dua pemain keturunan untuk memperkuat skuad Garuda.

Mereka adalah Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Proses naturalisasi kedua pemain berdarah Indonesia-Belanda itu dikabarkan bakal segera rampung.

Hal itu dipastikan oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian, yang menyebut sidang naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders akan digelar pada Selasa (17/9/2024).

Apabila berjalan sesuai rencana, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders berpeluang besar tampil ketika Garuda menghadapi Bahrain dan China mendatang. Kehadiran keduanya tentu akan berdampak positif bagi Tim Merah-Putih.

"Semoga saja proses naturalisasi dua pemain tambahan bisa berjalan dengan cepat supaya bisa menambah kedalaman skuad untuk menghadapi laga-laga berat yang lainnya," harap Erwan Hendarwanto.

4 dari 4 halaman

Posisi Timnas Indonesia di Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2026

Torehan dua poin menempatkan Timnas Indonesia di peringkat keempat klasemen Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Sedangkan Australia berada tepat di bawah Tim Garuda dengan satu angka.

Sementara posisi teratas dihuni Jepang dengan nilai enam. Disusul Arab Saudi di urutan kedua dengan koleksi empat angka. Adapun posisi buncit ada China dengan nol poin.

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Klasemen

Pos  Negara  Main Menang Seri Kalah  SG Poin
 1.  Jepang  2  2  0  0  12-0  6
 2.   Arab Saudi  2  1  1   0  3-2   4
 3.    Bahrain  2  1  0  1  1-5   3
 4.    Indonesia  2  0  2  0  1-1  2
 5.   Australia   2  0  1  1  0-1  1
 6.    China   2   0  0  2  1-9  0

*Klasemen per Rabu, 11 September 2024 pukul 01.00 WIB

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer