Sukses


Prediksi PSM vs Arema FC di BRI Liga 1: Duel Tim Musafir Beda Nasib

Bola.com, Jakarta - Dua tim musafir di BRI Liga 1 2024/2025 akan bertemu di Stadion Batakan, Balikpapan, Minggu (15/9/2024). PSM yang berstatus sebagai tuan rumah ditantang Arema FC. Dua tim ini sudah terbisa bermain di luar kandang karena markas mereka sama-sama sedang direnovasi.

PSM jadi tim musafir sejak musim lalu. Sedangkan Arema FC lebih lama lagi, sejak Tragedi Kanjuruhan 1 Oktober 2022.

Namun, musim ini keduanya seperti punya nasib yang berbeda. PSM tampil ganas. Sebanyak 10 poin dikantongi dari empat laga. Itu membuat mereka ada di papan atas.

Padahal tim berjuluk Juku Eja ini tidak melakukan kejutan di bursa transfer. Justru mereka banyak kehilangan pemain bintang. Seperti pemain kembang, Yakob dan Yance Sayuri hingga Everton serta Kenzo Nambu. Tapi, pelatih Bernardo Tavarez berhasil meramu kerangka tim yang baru.

Sedangkan Arema FC, berada di urutan 13 dengan 3 poin. Empat pertandingan berlalu tanpa kemenangan. Tiga kali imbang dan sekali kalah. Namun, ini dijadikan pelatih Arema FC, Joel Cornelli untuk memacu anak buahnya saat melawan PSM. “Ini laga yang berat. Tapi, kami butuh membuat kemenangan pertama musim ini,” tegas pelatih asal Brasil itu.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Tak Mau Mengalah

Dari segi permainan, Arema FC tidak kalah dari tim besar lainnya. Tampil dengan organisasi permainan yang bagus dan membuat banyak peluang di setiap pertandingan. Sayang, keberuntungan belum didapat. Karena dalam 4 laga, hanya 1 gol yang berhasil dicetak.

Hal ini membuat Arema FC punya beban lebih berat. Mereka dituntut menang dengan situasi sulit mencetak gol dan melawan tim papan atas. Joel berharap Ahmad Alfarizi dkk tidak terbebani dengan situasi ini.

"Bagi saya, tidak ada tekanan yang didapat secara langsung. Tim ini berhasil jadi juara Piala Presiden. Dan baru kalah satu kali. PSM memang tim besar. Namun, Arema FC juga tim besar dan memperlihatkan permainan yang bagus,” jelasnya.

Gelandang muda Arema FC, Arkhan Fikri terlihat percaya diri menghadapi duel ini. Meskipun PSM ada di papan atas, mereka akan jadi tim pertama yang dikalahkan Arema FC musim ini. “Kami datang untuk dapat tiga poin. Dan pastikan akan berjuang keras serta sebaik mungkin bermain di laga ini,” kata Arkhan.

 

3 dari 7 halaman

Kehilangan Banyak Pemain

Di sisi lain, pelatih PSM, Bernado Tavares sedang pusing. Karena dia kehilangan banyak pemain untuk laga ini. Kabarnya, ada empat pemain dalam pemulihan cedera. Seperti Reza Arya, M. Arfan, Andy Harjito, dan Daisuke Sakai. Sedangkan tiga pemain lain dipanggil timnas kelompok usia. Mufli Hidayat dan Sulthan Zaky ke timnas Indonesia U-20. Sementara Tito Okello ke Timnas Sudan Selatan.

“Untuk saat ini, kami belum bisa mengandalkan beberapa pemain itu,” kata pelatih asal Portugal ini.

Meski terancam kehilangan 7 pemain, PSM masih punya beberapa pemain berkualitas. Seperti Yuran Fernandes, Himan Syah, Dzaky Asraf, dan striker haus gol Nermin Haljta. Mereka tetap jadi ancama bagi Arema FC.

 

4 dari 7 halaman

Kecerdasan Pelatih PSM

Dalam laga ini, pelatih PSM, Bernardo Tavares patut jadi sorotan. Karena dia punya catatan positif ketika berhadapan dengan Arema FC. Dari 5 kali pertemuan, dia sukses membawa PSM menang 4 kali atas Singo Edan.

Kekalahan baru didapatkannya di putaran kedua musim lalu. Waktu itu, skuat PSM sudah compang-camping karena cedera dan persoalan finansial. Sedangka Arema FC sangat bernafsu menang untuk lepas dari zona degradasi. Tapi, dalam situasi normal, Bernardo sering membuat Arema FC tak berkutik. Karena dia memberikan pressing ketat kepada pemain Singo Edan.

Pelatih Arema FC, Joel Cornelli mengaku jika PSM punya pelatih yang cerdas. Namun, keduanya belum pernah adu strategi langsung di lapangan. Baru kali ini, Joel akan menghadapi Tavares. Dia tidak keder dengan reputasi yang dibangung Tavares di Indonesia. Karena dia pernah membawa PSM jadi juara Liga 1 2022/2023. “Pelatih PSM sudah lama di sana. Membuat tim yang kompak dan bagus. Tapi, Arema FC juga tim yang bagus dan siap menghadapi laga ini,” terang Joel.

 

5 dari 7 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

PSM Makassar (3-4-3): Hilman Syah (kiper); Aloisio Neto, Yuran Fernandes, Victor Luiz (belakang); Dzaky Asraf, Ananda Raehan, Akbar Tanjung, Latyr Fall (tengah); Rizky Eka, Nermin Haljeta, Adilson Silva (depan).

Pelatih: Bernardo Tavares

Arema FC (4-3-3): Lucas Frigeri (kiper); Achmad Maulana, Thales Lira, Anwar Rifai, Ahmad Alfarizi (belakang); Pablo Oliveira, Julian Guevara, Arkhan Fikri (tengah), Wiliam Marcilio, Dalberto Luan, Salim Tuharea (depan).

Pelatih: Joel Cornelli.

 

6 dari 7 halaman

Jadwal dan Prediksi Bola.com

  • Minggu, 15 September 2024
  • Stadion Batakan, Balikpapan
  • Kick Off 15.30 WIB

Prediksi Bola.com 50:50

7 dari 7 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2024/2025

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer