Sukses


Awas! China Punya 3 Pemain Naturalisasi yang Bisa Bikin Timnas Indonesia Kewalahan di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bola.com, Jakarta - Timnas China akan menjadi satu di antara lawan Timnas Indonesia pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Kedua tim berduel di Qingdao Youth Football Stadium, Shandong, China (15/10/2024).

Namun, sebelum itu pasukan Shin Tae-yong bakal bertandang lebih dahulu ke markas Timnas Bahrain. Pertandingan ini berlangsung di Bahrain National Stadium, Riffa (10/10/2024).

Tim berjulukan Garuda itu berhasil mengamankan dua poin berharga setelah bermain imbang kontra tim unggulan Arab Saudi (1-1) dan Australia (0-0). Hasil itu menempatkan Timnas Indonesia di posisi keempat Grup C.

Di sisi lain, China saat ini tercecer di dasar klasemen atau posisi keenam dengan nol poin. Tim besutan Branko Ivankovic itu menelan dua kekalahan melawan Jepang (0-7) dan Arab Saudi (1-2).

Meskipun demikian, Timnas Indonesia pantang menganggap remeh sang lawan. Selain bermain di kandang sendiri, Team Dragons juga dihuni sederet pemain berkualitas. Bahkan dari 27 nama yang disertakan pada kualifikasi kali ini, tiga di antaranya adalah pemain naturalisasi.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Jiang Guangtai

Tyias Charles Browning alias Jiang Guangtai tampil dalam laga sebelumnya kontra Jepang dan Arab Saudi. Dia bermain penuh ketika timnya keok kontra Jepang dan berada 45 menit di lapangan saat kalah tipis dari Arab Saudi.

Bek tengah berusia 30 tahun itu merupakan pemain keturunan China yang lahir di Liverpool, Inggris. Guangtai juga sempat membela Timnas Inggris di berbagai level usia, mulai U-17, U-19, hingga U-21.

Pada 2020, bek berpostur 188 cm itu memutuskan untuk berganti kewarganegaraan dan mencatat debut bersama Timnas China pada Mei 2021. Jiang Guangtai mengepak 30 caps bersama Team Dragons dan membukukan sebiji gol.

 

3 dari 4 halaman

Fei Nanduo

Fernando Henrique da Conceicao a.k.a Fei Nanduo baru mencatat debut dengan China pada Maret 2024. Dia merupakan pemain naturalisasi yang lahir dan besar di Brasil. Namun, pada 2020 memutuskan menjadi warga negara China.

Penyerang berusia 31 tahun itu cukup diandalkan Branko Ivankovic di lini depan Team Dragons. Fei Nanduo selalu dimainkan dalam enam laga terakhir kualifikasi, termasuk kontra Arab Saudi dan Jepang beberapa waktu lalu.

Fei Nanduo juga sudah menyumbangkan sebiji gol buat China. Gol perdana itu ia ukir ke gawang Singapura pada Maret lalu. Timnas Indonesia wajib mewaspadai pemain yang satu ini.

 

4 dari 4 halaman

A Lan

Nama berikutnya A Lan. Sama seperti Fei Nando, pemilik nama lengkap Alan Douglas Borges de Carvalho itu juga berasal dari Brasil. Dia lahir di Barbosa, Sao Paulo, Brasil, 10 Juli 1989.

Penyerang berusia 35 tahun itu memutuskan menjadi warga negara China pada 2020. Kemudian menjalani debut setahun setelahnya. Selama berbaju Team Dragons, A Lan telah mengepak tiga gol dari 13 penampilan.

Pemain berpostur 178 cm itu dikenal sebagai penyerang yang cukup tajam. Pada musim ini, A Lan membukukan 11 gol plus empat assist dari 22 laga buat Qingdao West Coast FC di Liga Super China.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer