Sukses


Membandingkan Jumlah Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia di Era Shin Tae-yong dan Sebelumnya

Bola.com, Jakarta - Sejak Shin Tae-yong melatih Timnas Indonesia pada Januari 2020, PSSI telah menaturalisasi 14 pemain keturunan. Mulai dari Marc Klok hingga Jens Raven. Namun, nama terakhir belum menembus timnas senior.

Selain Marc Klok dan Jens Raven, ke-12 pemain naturalisasi lainnya ialah Sandy Walsh, Jordi Amat, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Rafael Struick, hingga Justin Hubner.

Selain itu, juga Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, Calvin Verdonk, dan Maarten Paes. Saat ini, PSSI masih memproses lima pemain untuk dinaturalisasi lagi.

Kelimanya adalah Mees Hilgers, Eliano Reijnders, Mauresmo Hinoke, Dion Marxk, dan Tim Gypens. Tiga nama terakhir diproyeksikan untuk timnas U-20, sama seperti Jens Raven.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

OTW 19 Pemain

Tidak menutup kemungkinan ketika naturalisasinya telah tuntas dan bermain impresif dengan timnas U-20, Jens Raven, Mauresmo Hinoke, Dion Marxk, dan Tim Gypens dapat dipromosikan Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia.

Artinya, total PSSI akan dan telah menaturalisasi 19 pemain, yang semuanya berdarah Indonesia maksimal dari kakek dan neneknya, dimulai sewaktu Shin Tae-yong menangani Timnas Indonesia pada 2020.

Jumlah ini menjadi yang terbanyak, jika dibandingkan dengan pelatih Timnas Indonesia sebelumnya, misalnya era Luis Milla pada 2017-2018, Bima Sakti pada 2018, dan Simon McMenemy pada 2019.

3 dari 4 halaman

Membuahkan Hasil

Hanya ada enam pemain yang dinaturalisasi pada periode itu. Keenamnya adalah Ilija Spasojevic, Esteban Vizcarra, Alberto Goncalves, Ezra Walian, Osas Saha, dan Otavio Dutra.

Namun, hanya Ezra yang memiliki darah Indonesia. Sisanya mendapatkan paspor Indonesia karena telah lima tahun beruntun atau 10 tahun tidak berturut-turut menetap di Indonesia.

Program naturalisasi pemain keturunan PSSI telah membuahkan hasil. Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dan dapat mengimbangi raksasa Asia seperti Timnas Arab Saudi dan Timnas Australia.

4 dari 4 halaman

Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia di Era Shin Tae-yong

1. Marc Klok

2. Sandy Walsh

3. Jordi Amat

4. Shayne Pattynama

5. Ivar Jenner

6. Rafael Struick

7. Justin Hubner

8. Jay Idzes

9. Nathan Tjoe-A-On

10. Thom Haye

11. Ragnar Oratmangoen

12. Calvin Verdonk

13. Maarten Paes

Sedang Diproses

1. Mees Hilgers

2. Eliano Reijnders

3. Tim Gypens

4. Dion Marxk

5. Mauresmo Hinoke

Membela Timnas Indonesia U-20

1. Jens Raven

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer