Sukses


Dokumen Pemain Keturunan Indonesia Tersimpan Jelas Bikin Naturalisasi Lancar Jaya, Netizen: Kasih Jempol untuk Dukcapil Belanda!

Bola.com, Jakarta Proses naturalisasi pemain Timnas Indonesia yang berdarah Belanda sangat lancar. Salah satu faktornya, pengarsipan Belanda yang bagus.

Terbaru, ada dua lagi pemain yang sedang dalam proses menjadi WNI, yakni Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. DPR melalui komisi III dan X telah menyetujui pewarganegaraan Mees dan Eliano, Selasa (17/9/2024).

"Komisi X DPR memutuskan menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Eliano Reijnders dan Mees Hilgers dengan catatan bahwa penetapan kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujar Wakil Ketua Komisi X DPR yang menjadi pimpinan raker, Hetifah Sjaifudian.

"Komisi X DPR mendorong pemerintah dan PSSI agar memperhatikan seluruh catatan dan rekomendasi yang disampaikan oleh pimpinan dan anggota Komisi X DPR pada raker hari ini sebagai langkah untuk membangun prestasi olahraga, khususnya persepak bolaan nasional. Selanjutnya hasil raker hari ini akan disampaikan dalam Rapat Paripurna DPR untuk diambil keputusan," jelasnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Dokumen Tersimpan Rapi

Tidak sulit bagi Indonesia untuk melacak jejak keturunan pemain-pemain di Belanda. Contohnya untuk kedua pemain di atas, dokumen kakek atau nenek yang berstatus WNI sebelum pindah ke Belanda, masih tersimpan rapi.

Eliano mendapat keturunan Indonesia dari sang kakek, Jantje Lekatompessy yang lahir di Jatinegara pada 29 Desember 1947. Ibu Eliano, Angelina Syane Lekatompessy juga lahir di Jakarta pada 18 November 1976.

Lekatompessy merupakan fam Maluku yang berasal dari Negeri Latuhalat, kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon. Sang ibu, Angelina menikah dengan pria Belanda bernama Martin Reijnders, seorang pesepak bola asal Zwolle.

Untuk Eliano, dokumen yang menjadi penguat ialah akta lahir kakek dan ibu. 

3 dari 4 halaman

Berkas Nenek Maarten Paes Saja Ketemu

Selain itu, pengarsipan kependudukan Belanda patut diajungi jempol. Jangkan untuk pemain yang keturunan langsung dari kakek/nenek atau ayah/ibu, kakek/nenek yang berstatus blijvers (orang Eropa yang lahir dan besar di Indonesia) saja masih tersimpan.

Dalam hal ini adalah Maarten Paes dan Nathan Tjoe A-On. Maarten Paes tak memiliki darah Indonesia, namun nenek Paes lahir di Kediri pada zaman kolonial. Nathan juga eligible membela Timnas Indonesia dari status kakek yang lahir di Indonesia. Sementara dari ayah Nathan, memiliki darah Indonesia dari buyut.

4 dari 4 halaman

Komentar Netizen

Video Populer

Foto Populer