Sukses


Serba serbi Ekspresi Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia saat Sidang DPR: Eliano Gemetar Mirip Ujian Skripsi, Jens Raven Berjuang Melek

Bola.com, Jakarta Setiap pemain keturunan yang akan dinaturalisasi untuk gabung Timnas Indonesia menjalani serangkaian proses, mulai dari menyerahkan berkas pelepasan kewarganegaraan awal, sidang DPR, hingga mengambil sumpah.

Di antara itu, ada momen yang bikin mereka grogi, yakni sidang di hadapan DPR.

Untuk pemberian kewarganegaraan, permohonan harus melewati sidang Komisi III (Hukum dan Pertahanan Keamanan) dan X (Olahraga). Biasanya, para pemain datang langsung ke DPR atau melalui zoom jika berhalangan hadir ke Jakarta.

Yang terbaru, Eliano Reijnders yang terhubung melalui zoom meeting, sementara Mees Hilgers berhalangan karena harus menjalani latihan.

Rapat pertama, Komisi III DPR telah lebih dulu merekomendasikan naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dalam raker dengan Menpora dan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Supratman Andi Agtas.

Kemudian dilanjutkan ke Komisi X dengan Menpora RI, Dito Ariotedjo dan Sekjen PSSI, Yunus Nusi, di Gedung DPR, Jakarta Pusat, pada Selasa (17/9/2024) sore WIB.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Eliano Sempat Gemetar

Eliano menjalani wawancara sidang sendirian lantaran Mees harus menjalani latihan. Ia pertama kali disapa oleh pimpinan sidang, yakni wakil Ketua Komisi X, Hetifah Sjaifudian.

Eliano mendapat pertanyaan mengenai kemampuannya yang bermanfaat untuk Timnas Indonesia. Ia sempat grogi dan tangannya gemetar. 

"Saya bisa bermain di berbagai posisi berbeda. Saya senang akan bermain di tim ini bersama rekan satu tim saya," ujar Eliano Reijnders.

"Sebab, saya banyak bermain di Belanda. Saya bisa membantu tim mencapai Piala Dunia 2026 dan mungkin bisa lebih dari ini," ungkapnya.

Eliano Reijnders juga mengungkapkan perbedaan sepak bola Indonesia dengan Belanda. Dia merasa bahwa sepak bola sangat dicintai di negara leluhurnya.

3 dari 3 halaman

Jens Raven Menahan Ngantuk, Calvin Verdonk Tatap Muka

Pada periode sebelumnya, dua pemain yang dinaturalisasi ialah Jens Raven dan Calvin Verdonk pada awal Juni 2024.

Jens berhalangan hadir lantaran sedang mengikuti turnamen di Prancis bersama Timnas Indonesia U-19. Sementara Verdonk hadir langsung di Gedung DPR RI.

Lucunya, karena sidang digelar menjelang siang WIB sementara di Prancis masih dini hari, Jens yang didampingi pelatih Indra Sjafri dan Bima Sakti masih menahan ngantuk. Namun, ia tetap mengikuti jalannya sidang dengan lancar.

Sementara Verdonk berusaha tetap tenang saat menjawab pertanyaan.

Video Populer

Foto Populer