Sukses


Dari Akademi Naik ke Tim Senior, Dominikus Dion Akui Sempat Gugup Jalani Debut Bersama PSS di BRI Liga 1

Bola.com, Sleman - Bek asing PSS Sleman, Phil Ofosu-Ayeh, sudah menepi hampir tiga pekan lamanya karena cedera. Akibatnya pemain asal Ghana itu harus melewatkan dua pertandingan melawan Borneo FC dan Bali United.

Absennya mantan bek Timnas Ghana itu menjadi berkah tersendiri bagi pemain muda PSS Sleman, Dominikus Dion. Jebolan akademi PSS itu mampu tampil cemerlang dan membayar kepercayaan sang pelatih.

Dion bermain penuh saat PSS Sleman bermain imbang di markas Bali United pada pekan kelima BRI Liga 1 2024/2025, Senin (16/9/2024). Dalam duel yang berakhir 1-1 tersebut, Dominikus Dion tampil sebagai starter.

Sebelumnya, pemain asal Sleman, Yogyakarta tersebut dimainkan pelatih Wagner Lopes ketika PSS Sleman ditahan 1-1 Borneo FC, Kamis (12/9/2024). Berada 80 menit di lapangan, pemain berusia 19 tahun itu diplot sebagai gelandang kiri.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Senang dan Bersyukur

Pemilik nama lengkap Dominikus Dion Oktawian Wibowo itu sebetulnya berposisi gelandang serang. Namun, belakangan dia sering dimainkan sebagai bek sayap di PSS Sleman. Bek kelahiran 14 Oktober 2004 itu pun merasa senang diberi kepercayaan pelatih.

"Tentu senang sekali mendapatkan kesempatan bermain oleh pelatih. Apalagi bermain sejak menit awal di dua pertandingan terakhir kemarin," ungkap Dominikus Dion, Rabu (18/9/2024).

"Hal awal yang bagus untuk saya memulai. Ini motivasi besar bagi saya terus meningkatkan kemampuan di setiap sesi latihan dan pertandingan," sambungnya.

 

3 dari 5 halaman

Sempat Gugup

Bermain bersama para pemain senior sempat membuat Dominikus Dion gugup. Apalagi, musim ini merupakan debut pemain berpostur 166 cm itu di kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

"Di awal laga pasti ada rasa gugup tetapi setelah bermain saya bisa bermain dengan tenang, menikmati dan bisa bermain lepas. Puji Tuhan, setelahnya rasa gugup tersebut sudah tidak ada lagi," ujarnya.

"Saya banyak belajar dari pemain senior untuk menghadapi pemain yang levelnya di atas saya. Bagaimana cara saya menghadapinya dengan diberi masukan-masukan dari senior."

"Saya juga melihat video bermain pemain yang akan kami hadapi. Itu membantu saya untuk menganalisa lawan yang akan saya hadapi dan bagaimana mengatasinya,” lanjut pemain yang musim lalu dipinjamkan ke tim Liga 2, Persipa Pati tersebut.

 

4 dari 5 halaman

Semoga Cetak Gol

Pada laga selanjutnya, PSS Sleman dijadwalkan menjamu Arema FC pada pekan keenam. Duel kedua tim berlangsung di Stadion Manahan Kota Solo, Jawa Tengah, Jumat (20/9/2024) sore WIB.

Dominikus Dion berharap timnya bisa mencetak gol dan meraih kemenangan perdana di kandang musim ini. Sebab, tim berjulukan Super Elang Jawa itu memang kepayahan dalam menjebol gawang lawan. PSS juga saat ini terpuruk di dasar klasemen dengan minus satu poin.

Mereka memiliki statistik minor untuk urusan mencetak gol. Tim Elang Jawa kini baru membukukan sebiji gol. Itupun hasil dari gol bunuh diri tim lawan. Angka itu jadi yang terendah di antara tim kontestan lain.

"Semoga di pertandingan besok kami mampu mencetak gol kemenangan dari Arema FC. Sehingga kami bisa mempersembahkan kemenangan tersebut untuk PSS fans," ucap Dominikus Dion.

 

5 dari 5 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer