Sukses


Jika Proses Naturalisasi Rampung, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Bisa Langsung Didaftarkan PSSI untuk Bela Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Supratman Andi Agtas, mengatakan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dapat didaftarkan ke Timnas Indonesia untuk melawan Bahrain dan China, setelah naturalisasinya rampung.

Supratman telah menjadwalkan pengambilan sumpah kewarganegaraa RI untuk Mees Hilgers dan Eliano Reijnders di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Den Haag, Belanda, pada Senin (23/9/2024).

Untuk itu, Supratman bakal menugaskan Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Cahyo Rahadian Muzhar, untuk terbang ke Belanda pada Minggu (22/9/2024).

Kemenkumham terpaksa melantik Mees Hilgers dan Eliano Reijnders di KBRI Belanda. Keduanya disebut tidak mendapatkan izin dari klubnya masing-masing untuk datang ke Indonesia, mengingat padatnya jadwal di Belanda.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Deadline 24 September 2024

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders sudah harus menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) paling lambat pada 24 September 2024, batas terakhir pendaftaran pemain untuk dua partai Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Oktober 2024.

Timnas Indonesia akan lebih dulu menantang Timnas Bahrain pada 10 Oktober 2024. Lima hari berselang, tim berjulukan Garuda itu bakal bertandang ke China.

Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders akan lebih dulu diputuskan dalam Rapat Paripurna DPR RI, Kamis (19/9/2024). Setelah itu, Keputusan Presiden (Keppres) bakal diterbitkan untuk keduanya.

 

3 dari 3 halaman

Penjelasan Menkumham

"Setelah seluruh persyaratan administrasinya selesai dan Keppres keluar, lalu pengambilan sumpah selesai, maka PSSI boleh mendaftarkan kedua pemain itu ke Timnas Indonesia untuk melawan Bahrain dan China pada Oktober 2024," ujar Supratman.

"Oleh karena itu, kami proaktif melakukan pengambilan sumpah Mees Hilgers dan Eliano Reijnders di KBRI Belanda," ucap Supratman yang baru menjadi Menkumham pada 19 Agustus 2024 tersebut.

Saat ini, Timnas Indonesia berada di peringkat keempat klasemen sementara Grup C dengan dua poin buntut dua hasil seri kontra Timnas Arab Saudi 1-1 dan Timnas Australia 0-0.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer