Sukses


Rapat Paripurna DPR Setujui Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders untuk Timnas Indonesia, Tinggal Keppres dan Pengambilan Sumpah

Bola.com, Jakarta - Rapat Paripurna DPR RI telah menyetujui naturalisasi dua pemain keturunan untuk Timnas Indonesia. Keduanya adalah Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Rapat Paripurna di Gedung DPR yang dipimpin Lodewijk Freidrich Paulus pada Kamis (19/9/2024) meminta persetujuan kepada peserta rapat, terkait naturalisasi Mees dan Eliano.

"Apakah permohonan pemberian pertimbangan kewarganegaraan RI atas nama Eliano Reijnders dan Mees Hilgers dapat disetujui?" ucap Lodewijk Freidrich Paulus.

Mayoritas peserta rapat yang hadir menyetujui naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. "Setuju!" teriak anggota DPR dalam Rapat Paripurna DPR.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Raker Komisi III dan X

Sebelumnya, pimpinan Rapat Paripurna DPR telah menerima Surat Presiden bernomor R47 dan R48 per 11 September 2024 perihal naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Selain itu, Komisi III dan X DPR juga sudah memberikan rekomendasi naturalisasi untuk Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dalam rapat kerja (raker) pada Selasa (17/9/2024).

"Berdasarkan Surat Presiden bernomor R47 dan R48 pada 11 September 2024 perihal permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan RI atas nama Eliano Reijnders dan Mees Hilgers," imbuh Lodewijk Freidrich Paulus.

 

3 dari 4 halaman

Pengumuman Rapat Paripurna DPR

"Kami umumkan bahwa sesuai hasil rapat konsultasi pengganti rapat badan musyawarah antara pimpinan DPR dan pimpinan fraksi-fraksi pada 12 September 2024, memutuskan menugaskan Komisi III dan X," kata Lodewijk Freidrich Paulus.

"Hasil pembahasan diputuskan dalam Rapat Paripurna sesuai dengan pembahasan Komisi III dan X yang memutuskan menyetujui pemberian kewarganegaraan RI kepada Eliano Reijnders dan Mees Hilgers."

"Sehubungan dengan itu kami meminta persetujuan pada Rapat Paripurna DPR hari ini. Selanjutnya akan ditindaklanjuti sesuai mekanisme yang berlaku," ungkap Lodewijk Freidrich Paulus.

 

4 dari 4 halaman

Diambil Sumpah di Belanda

Dengan begitu, naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders tinggal menunggu penerbitan Keputusan Presiden (Keppres) dan pengambilan sumpah kewarganegaraan RI.

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) berencana untuk melantik Mees Hilgers dan Eliano Reijnders sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Den Haag, Belanda, pada 23 September 2024.

Setelah mendapatkan status WNI, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders berpeluang menjalani debutnya dengan Timnas Indonesia ketika melawan Timnas Bahrain, dalam matchday ketiga Grup C putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Bahrain National Stadium, Riffa, pada 10 Oktober 2024.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer