Sukses


Mees Hilgers dan Eliano Gabung, Shin Tae-yong Banyak Opsi Formasi Baru Menghadapi Bahrain dan China

Bola.com, Jakarta Kekuatan Timnas Indonesia makin solid dengan kehadiran Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Pasukan Shin Tae-yong pun diprediksi akan mampu mengimbangi atau, bahkan, mengalahkan Bahrain dan China saat laga tandang berikutnya pada Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Bergabungnya Mees Hilgers dan Eliano Reijnders mempermudah Shin Tae-yong merancang formasi baru, selain pola tiga bek sejajar yang selama ini seolah jadi pakem permainan Jay Idzes dkk.

Pada pertandingan melawan Bahrain dan China nanti, ada empat sosok paten di Timnas Indonesia yang tak boleh diutak-atik. Posisi kiper mutlak jadi milik Maarten Paes. Kiper FC Dallas itu telah menunjukkan performa ciamik saat melawan Arab Saudi dan Australia.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kapten Jay

Ban kapten dan bek tengah tetap dipercayakan kepada Jay Idzes. Pemain Venezia di Serie A Italia itu menjadi tembok kokoh sekaligus komandan permainan Timnas Indonesia.

Dua posisi lainnya, yaitu sayap kiri dan striker harus mulai dipatenkan untuk Calvin Verdonk serta Ragnar Oratmangoen. Karena Verdonk punya daya jelajah bagus menyisir pinggir lapangan. Dia juga punya kemampuan menusuk pertahanan lawan.

Ragnar Oratmangoen jadi pilihan terbaik sebagai penyerang tunggal, jika Rafael Struick masih belum seratus persen fit. Namun saat Timnas Indonesia menyerang ada Verdonk yang siap membantu.

3 dari 4 halaman

Mess Masuk, Bagaimana Posisi Ridho?

Arsitek asal Korsel yang menganut filosofi pertahanan kuat itu bisa meracik formasi 4-1-4-1. Posisi empat bek sejajar dengan menempatkan tandem Jay Idzes Justin Hubner sebagai poros. Dia bisa juga dibantu Mees Hilgers sebagai bek tengah.

Lalu di mana posisi Rizki Ridho? Pemain Persija ini bisa diplot sebagai jangkar antara lini belakang dan tengah. Apalagi Rizki Ridho punya karakter bertahan dan menyerang cukup baik.

4 dari 4 halaman

Posisi Eliano

Pada sektor bek kanan, Sandy Walsh dan Asnawi Mangkualam merupakan pilihan terbaik. Yang menarik adalah sosok Eliano Reijnders. Shin Tae-yong harus mampu mengoptimalkan Eliano yang berkarakter versatile. Jika Eliano Reijnders diplot di bek kiri, maka Pratama Arhan dan Shayne Pattynama sebagai pelapis.

Bila Eliano Reijnders didorong ke pos sentral, maka opsinya lebih banyak. Dia bisa bahu membahu dengan salah satu di antara Tom Haye, Ivar Jenner, atau Nathan Tjoe A-On. Sementara Marselino Ferdinan di sayap serang kanan bergantian dengan Witan Sulaeman atau Egy Maulana Vikri.

Video Populer

Foto Populer