Sukses


Nasib Pilu 3 Pemain Timnas Indonesia di Liga Inggris: Cedera Panjang, Minim Menit Bermain, dan Menanti Debut

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia terus menggenjot persiapan jelang bergulirnya lanjutan laga Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Terdekat, Jay Idzes dkk. akan bertandang ke kandang Bahrain dan China.

Tengah dalam percaya diri tinggi, pasukan Shin Tae-yong bertekad meraup enam angka demi menjaga asa melaju ke fase selanjutnya, baik lolos langsung ke Piala Dunia 2026 atau melaju ke putaran keempat kualifikasi.

Menantang kedua negara tadi, Timnas Indonesia tak hanya datang dengan dua hasil imbang kala kontra Arab Saudi dan Australia, tapi juga dua amunisi level atas. Keduanya adalah Mess Hilgers dan Eliano Reijnders.

Baik Mess Hilgers maupun Eliano Reijnders tinggal menunggu waktu didapuk sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) dan direncakan sudah bisa bergabung jelang keberangkatan ke Bahrain dan China.

Ketika tengah bersiap, pemain-pemain Timnas Indonesia yang berkarier di luar negeri terus menampilkan performa terbaik bersama klubnya masing-masing.

Jay Idzes, Calvin Verdonk, dan Thom Haye misalnya, ketiganya tampil gemilang. Jay Idzes masih jadi andalan saat Venezia bentrok versus AC Milan dalam lanjutan Serie A 2024/2025. Meski akhirnya kalah 1-4, nama secara individu, Jayd Idzes tampil apik di jantung pertahanan I Leoni Alati.

Pun begitu dengan Calvin Verdonk, fullback kiri berusia 27 tahun itu trengginas saat NEC bersua PSV di ajang Eredivisie 2024/2025. Walau takluk 0-2, tapi Calvin Verdonk menjalankan tugasnya dengan baik serta tak tergantikan sepanjang laga.

Masih di kasta tertinggi Belanda, Thom Haye menjalani debutnya dengan Almere City. Dimainkan dari bangku cadangan pada menit ke-64, playmaker berusia 29 tahun itu sukses membawa timnya meraih sebiji angka dari kandang Herancle usai bermain sama kuat tanpa gol.

Hanya saja, di pentas Liga Inggris, nasib pemain Timnas Indonesia tak se-happy Jayd Idzes, Calvin Verdonk, pun Thom Haye. Mereka masih masuk daftar antrean untuk mendapatkan lebih banyak menit bermain. Siapa saja?

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Elkan Baggott

Sudah jatuh, tertimpa tangga. Sudah tak dipanggil ke Timnas Indonesia, eh cedera pula. Sungguh malang nasib Elkan Baggott.

Pemain Ipswich Town FC yang dipinjamkan kepada Blackpool FC dikabarkan harus masuk ruang medis lantaran dibekap cedera lumayan parah.

Setelah sempat tampil dalam tiga pertandingan, bek jangkung berusia 21 tahun itu mengalami cedera saat sesi latihan. Walhasil, pemain kelahiran Thailand itu terpaksa harus absen dalam empat laga dan diperkirakan masih masih absen sebulan lagi.

Terkait kondisinya, Elkan Baggott dikabarkan mulai frustrasi meratapi nasib. Pelatih Blackpool FC, Steve Bruce, mengatakan anak buahnya itu sampai harus memakai sepatu khusus untuk menopang tubuhnya.

"Diperkirakan, ia menjalani perawatan selama seminggu ke depan, lalu menjalani rehabilitasi. Saya rasa, kami akan kehilangan dia selama satu," kata Steve Bruce.

3 dari 4 halaman

Marselino Ferdinan

Si ganteng ini sepertinya harus lebih panjang sabar. Maklum, sampai saat ini ia belum juga tampil bareng klub anyarnya, Oxford United.

Darah muda Marselino Ferdinan sebenarnya sudah bergejolak ingin unjuk aksi di Liga Inggris sekaligus membuktikan kalau kehadirannya layak diperhitungkan.

Tunggu ditunggu, nanti dinanti, pelatih Des Buckingham belum juga memberi kesempatan kepada penyerang muda andalan Timnas Indonesia itu.

Belum ada bocoran, kapan Marselino Ferdinan akan melakoni debut. Terlebih, di posisi yang kerap diisi Marselino Ferdinan, saat ini masih dipercayakan penuh kepada Shemmy Placheta dan Matt Philips.

Tak hanya dua pemain tadi, Marselino Ferdinan juga kudu bersaing dengan sedikitnya empat pemain lainnya yakni Kyle Edwards, Siriki Dembele, Owen Dale, dan Malcolm Ebiowei.

Yang sabar ya Marselino Ferdinan.

4 dari 4 halaman

Nathan Tjoe-A-On

Kata sabar juga kudu dialamatkan kepada salah satu "nyawa" Timnas Indonesia, Nathan Tjoe-A-On. Musim ini, di mana Championship 2024/2025 memasuki pekan keenam, Nathan Tjoe-A-On belum tampil secara reguler bersama Swansea City.

Ia terpantau baru dimainkan saat bentrok kontra Preston Norrth yang berakhir dengan kemenangan 3-0. Nathan Tjoe-A-On masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-88.

Tapi Nathan Tjoe-A-On masih bisa berbangga. Di ajang Carabao Cup beberapa waktu lalu, ia dipercaya jadi starter versus Wycombe Wanderers. Sayang, timnya kalah 0-1 dan langkah Swansea City terhenti.

Mengingat musim ini masih panjang rakyat Indonesia tentunya berharap Elkan Baggott, Marselino Ferdinan, dan Nathan Tjoe-A-On tak ketinggalan kereta terlalu lama.

Dengan kata lain, mereka mendapatkan menit bermain lebih banyak. Semangat!

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer