Sukses


Kans Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Langsung Debut di Timnas Indonesia Lawan Bahrain dan China: Lebih Cepat, Lebih Baik

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia mendapat tambahan tenaga baru setelah Mees Hilgers dan Eliano ReijndersĀ tinggal selangkah resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders termasuk kategori istimewa. Bahkan pengambilan sumpah keduanya punĀ akan dilakukan di Kedubes RI Deen Haag untuk mengejar tenggat pendaftaran pemain ke AFC dan FIFA.

Padahal Shin Tae-yong pernah berucap pemain yang membela klub Twente dan PEC Zwolle di Eredivisie Belanda ini baru bisa bermain untuk Timnas Indonesia pada periode November 2024.

"Mees Hilgers dan Eliano Reijnders sudah berhak membela Timnas Indonesia. Jika proses naturalisasi sudah selesai dan tak ada kendala teknis, saya kira lebih cepat, lebih baik. Apalagi yang ditunggu. Tujuan PSSI mempercepat proses naturalisasi kan agar keduanya segera bisa dimainkan," kata Gusnul Yakin.

Pertanyaan besar pun muncul. Layakkah keduanya langsung diturunkan untuk membela Timnas Indonesia pada dua laga tandang putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Bahrain dan China?

Ā 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Harus Dimaksimalkan

Partai kontra Bahrain dan China yang digelar 10 dan 15 Oktober di Kota Riffa dan Qingdao nanti sangat strategis bagi pasukan Shin Tae-yong. Inilah peluang terbaik Jay Idzes dkk. menambah pundi-pundi poin. Berdasar kalkulasi kasar, kesempatan mendulang angka dari dua laga ini lebih besar.

Apalagi jika ditilik dari klasemen sementara, Timnas Indonesia menempati peringkat keempat Grup C Zona Asia dengan dua poin. Timnas Garuda tepat di bawah Bahrain dengan tiga angka. Sementara China yang berada di dasar klasemen belum memiliki poin alias nol.

Jika Timnas Indonesia mampu meraih poin absolut dari dua laga ini, maka bisa membuka peluang lolos ke babak final Piala Dunia 2026 yang bakal digelar di AS, Meksiko, dan Kanada tahun depan.

"Tiap pertandingan sangat menentukan langkah Timnas Indonesia. Jika tak bisa lolos langsung ke Piala Dunia, setidaknya kita masih punya peluang lewat babak playoff bila menempati rangking ketiga atau keempat dari Grup C. Makanya partai lawan Bahrain dan China harus dimaksimalkan," tutur pengamat asal Malang ini.

Ā 

3 dari 4 halaman

Minta Fans Jangan Berharap Berlebihan

Jika melihat kualitas dan kondisi Hilgers dan Eliano yang sedang on fire bersama klub masing-masing, mantan pelatih Arema ini menilai keduanya sangat layak diturunkan pada pertandingan nanti.

"Saya kira mereka sangat siap main. Dua pertandingan nanti juga bisa untuk adaptasi bagi Hilgers dan Eliano. Sebagai pemain baru, mereka perlu memahami taktik Shin Tae-yong dan membangun chemistry dengan pemain lainnya," ujarnya.

Gusnul Yakin juga menambahkan bila Hilgers dan Eliano sudah dimainkan dan Timnas Indonesia gagal meraih poin, setidaknya ada pertandingan berikutnya bagi keduanya.

"Ibaratnya pertandingan lawan Bahrain dan China sebagai pemanasan untuk Hilgers dan Eliano. Jika kita gagal dapat poin, mereka masih punya kesempatan di partai selanjutnya," ucapnya.

Namun Gusnul Yakin mengingatkan publik jangan berharap terlalu banyak dengan keberadaan Hilgers dan Eliano. "Kita memang butuh sosok seperti Hilgers dan Eliano. Tapi mereka bukan manusia super yang bisa menentukan hasil pertandingan. Karena ini permainan tim, maka peran pemain lain juga sangat menentukan," pungkasnya.

4 dari 4 halaman

Yuk Intip Posisi Timnas Indonesia

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Klasemen

PosĀ  NegaraĀ  Main Menang Seri KalahĀ  SG Poin
Ā 1. Ā Jepang Ā 2 Ā 2 Ā 0 Ā 0 Ā 12-0 Ā 6
Ā 2.Ā  Ā Arab Saudi Ā 2 Ā 1 Ā 1Ā  Ā 0 Ā 3-2Ā  Ā 4
Ā 3.Ā Ā  Ā Bahrain Ā 2 Ā 1 Ā 0 Ā 1 Ā 1-5Ā  Ā 3
Ā 4.Ā Ā  Ā Indonesia Ā 2 Ā 0 Ā 2 Ā 0 Ā 1-1 Ā 2
Ā 5.Ā  Ā AustraliaĀ  Ā 2 Ā 0 Ā 1 Ā 1 Ā 0-1 Ā 1
Ā 6.Ā Ā  Ā ChinaĀ  Ā 2Ā  Ā 0 Ā 0 Ā 2 Ā 1-9 Ā 0

*Klasemen per Rabu, 11 September 2024 pukul 01.00 WIB

Ā 
Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer