Sukses


Termasuk Maarten Paes, Sederet Pemain Bakal Jadi Pembeda saat Timnas Indonesia Hadapi Bahrain dan China di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menjalani dua laga cukup berat pada lanjutan Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Tim Garuda bertandang ke Bahrain dan China.

Menurut jadwal, duel Bahrain versus Timnas Indonesia berlangsung di Bahrain National Stadium, Riffa (10/10/2024). Setelah itu Garuda berjumpa China di Qingdao Youth Football Stadium, Shandong (15/10/2024).

Timnas Indonesia belum lama ini merampungkan dua pertandingan pertamanya di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Timnas Arab Saudi dan Timnas Australia.

Dari dua laga itu, Tim Garuda berhasil mengamankan dua poin berharga setelah menahan imbang lawan-lawannya.

Anak-anak Timnas Indonesia memperlihatkan permainan tangguh meski ditekan habis-habisan oleh Arab Saudi dan Australia.

Sejumlah pemain macam Maarten Paes, Jay Idzes, Rizky Ridho, Calvin Verdonk, hingga Ragnar Oratmangoen tampil menyala pada laga itu.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Kembali Bersinar

Pelatih sekaligus pengamat sepak bola nasional, Erwan Hendarwanto, meyakini para pemain yang disebut di atas bakal kembali menunjukkan tajinya bersama Timnas Indonesia.

Arsitek asal Magelang, Jawa Tengah itu menyebut mereka bisa menjadi kunci permainan pada pertandingan nanti.

"Pemain kunci yang sudah ada tentu saja masih akan menjadi pembeda, terutama peran Maarten Paes di posisi kiper, bang Jay sebagai leader di pertahanan," ujar Erwan Hendarwanto kepada Bola.com, Minggu (22/9/2024) malam.

"Thom Haye di posisi tengah yang saat ini sudah mendapatkan klub dan pastinya secara sentuhan dan kondisi fisiknya akan jauh lebih baik lagi."

"Kemudian peran Ragnar Oratmangoen di depan masih akan menjadi pembeda di pertandingan melawan Bahrain dan China nanti," sambungnya.

3 dari 5 halaman

Bisa Jadi Pembeda

Sementara di sisi lain, Timnas Indonesia akan mendapatkan tambahan amunisi baru jelang kualifikasi mendatang. Dua pemain keturunan, yakni Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, tinggal selangkah lagi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Kedua pemain berdarah Belanda-Indonesia itu bakal menjalani sumpah kewarganegaraan RI di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Den Haag, Belanda, oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) pada Senin (30/9/2024).

Apabila berjalan sesuai rencana, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders berpeluang besar tampil ketika Timnas Indonesia menghadapi Bahrain dan China. Kehadiran mereka tentu akan berdampak positif bagi skuad Garuda.

"Untuk melawan Bahrain dan China saya kira pembedanya adalah pemain-pemain abroad yang baru dinaturalisasi. Jika prosesnya bisa cepat dan dapat bermain saat menghadapi dua laga nanti tentu akan memberikan perbedaan," kata Erwan Hendarwanto.

4 dari 5 halaman

Posisi Timnas Indonesia

Torehan dua poin menempatkan Timnas Indonesia di peringkat keempat klasemen Grup C ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Sedangkan Australia berada tepat dibawah Garuda dengan satu angka.

Sementara Jepang yang mengoleksi nilai enam menduduki puncak klasemen. Disusul Arab Saudi di urutan kedua (4 poin). Kemudian Bahrain di posisi keempat (3 poin) dan China yang jadi juru kunci (0 poin).

5 dari 5 halaman

Klasemen Grup C R3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Klasemen

Pos  Negara  Main Menang Seri Kalah  SG Poin
 1.  Jepang  2  2  0  0  12-0  6
 2.   Arab Saudi  2  1  1   0  3-2   4
 3.    Bahrain  2  1  0  1  1-5   3
 4.    Indonesia  2  0  2  0  1-1  2
 5.   Australia   2  0  1  1  0-1  1
 6.    China   2   0  0  2  1-9  0

*Klasemen per Rabu, 11 September 2024 pukul 01.00 WIB

Video Populer

Foto Populer