Sukses


Pemain Diaspora Timor Leste U-20 Ternyata Lebih Paham Timnas Indonesia: Mereka Sangat Kuat Sekarang

Bola.com, Jakarta Timnas Timor Leste U-20 sudah bertolak ke Jakarta dari Bali pada Senin (23/9/2024) untuk persiapan menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Timor Leste tergabung di grup F bersama tuan rumah Indonesia, Maladewa, dan Yaman.

Ada satu pemain yang mencuri perhatian. Ia adalah gelandang keturunan Australia, Tiago William Torres Lai. Dalam kualifikasi Piala Asia U-20 ini, akan menjadi debutnya bersama Timnas Timor Leste.

Saat Timor Leste beruji coba dengan Bali United U-20 di Lapangan Gelora Samudera Kuta, ia bermain sekitar 70 menit.

Kehadiran Tiago pun mendapatkan respons dari pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri. Namun, Indra Sjafri santai menanggapinya dan menyebut apa yang dilakukan Timor Leste adalah Hal wajar.

Di Timnas Indonesia U-20 ada sosok Jens Raven yang menjadi pemain diaspora.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Masih Ada Catatan

Tiago akan menjadi tumpuan Timor Leste di lini tengah. Namun Masih ada catatan yang harus segera dibenahi. Adaptasi cuaca menjadi sedikit kendala.

Hal ini diungkapkan oleh Pelatih Timnas Timor Leste U-20. Gopal Khrishnan.

"Saat uji coba melawan Bali United, Tiago tidak bermain penuh. Tidak banyak pergerakan dan peluang yang dilakukan Tiago. Ini mungkin karena faktor cuaca yang lebih panas dibandingkan di Australia," bebernya.

"Di kualifikasi nanti, kami selalu bermain sore hari. Hanya melawan Timnas Indonesia kami bermain di malam hari. Tiago terutama, butuh Adaptasi Cuaca," terangnya.

3 dari 4 halaman

Menanti Debut

Lalu bagaimana tanggapan Tiago? Ia mengaku sangat siap menjalani debutnya bersama Timnas Timor Leste U-20. Baginya kualifikasi ini menjadi Hal yang penting. Targetnya pun tidak main-main.

"Saya sangat siap dengan pertandingan di babak kualifikasi ini. Bagi kami, setiap pertandingan menjadi penting. Kami Berusaha untuk memenangkan setiap pertandingan di fase grup dan target kami ingin lolos ke Piala Asia," bebernya.

Meskipun memiliki ambisi besar, ia sadar adaptasi cuaca menjadi sedikit kendala. Ia masih belum terbiasa dengan cuaca yang cukup terik di Indonesia meskipun bermain di sore hari.

4 dari 4 halaman

Lebih Paham Timnas Indonesia

Tiago yang merupakan pemain klub ST George FC tersebut tampaknya tidak terlalu asing dengan sepak bola Indonesia. Ia justru cukup paham bagaimana kekuatan Timnas Indonesia saat ini. Terlebih skuad senior.

Ia melihat banyak pemain diaspora dan naturalisasi di Timnas Indonesia, menjadi kekuatan yang ditakuti di Asia Tenggara. "Saya tahu Timnas Indonesia punya banyak pemain yang bermain di Eropa. Mereka sekarang sangat kuat. Ini berlaku juga untuk Timnas U-20 mereka," terangnya.

"Menghadapi Timnas Indonesia U-20 akan sangat berat bagi kami. Kami harus bisa bermain disiplin dan tampil baik melawan mereka. Kami mencoba untuk meraih kemenangan sebisa mungkin," tambahnya.

Yang menarik ketika ditanya apakah ingin bermain di Liga Indonesia, Tiago tampaknya sangat bersemangat. Dengan malu-malu, ia juga mengatakan bahwa klub yang menjadi tujuannya jika ada kesempatan bermain di Liga Indonesia adalah Bali United. "Suatu saat saya ingin bermain disini. Saya juga tahu klub Bali United," tutupnya.

Video Populer

Foto Populer