Sukses


Big Match BRI Liga 1 Persib Vs Persija 2-0: Wasit Malaysia Banjir Pujian, Applaus untuk Kevin Mendoza

Bola.com, Bandung - Muhammad Nazmi lulus ujian di BRI Liga 1 2024/2025. Wasit asal Malaysia itu banjir pujian setelah mengadili partai Persib Bandung kontra Persija Jakarta yang berjalan panas dengan tensi tinggi.

Muhammad Nazmi dinilai memimpin dengan baik ketika Persib Bandung menghajar Persija 2-0 dalam pekan keenam BRI Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Senin (23/9/2024) sore WIB.

Muhammad Nazmi memberikan kartu merah masing-masing kepada Persib Bandung dan Persija, kartu merah yang memang pantas berdasarkan pelanggarannya.

Pertama, Muhammad Nazmi mengusir keluar Firza Andika pada menit ke-28. Bek Persija itu menerima kartu kuning kedua lantaran ayunan tangannya mengenai kepala Beckham Putra Nugraha.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 8 halaman

Kepemimpinan Muhammad Nazmi

Pada menit ke-61, giliran Persib Bandung yang bermain dengan sepuluh pemain buntut Marc Klok dikartu merah Muhammad Nazmi karena kaki menerjang pinggul Maciej Gajos.

Muhammad Nazmi sempat memberikan kartu kuning kepada Marc Klok, sebelum menganulirnya dengan kartu merah setelah beberapa saat mengecek VAR.

Total, Muhammad Nazmi mengganjar Persib dengan tiga kartu kuning dan satu kartu merah, sedangkan Persija empat kartu kuning dan satu kartu merah.

3 dari 8 halaman

Wasit Asing Kedua

Muhammad Nazmi menjadi wasit asing kedua yang bertugas di BRI Liga 1 musim ini. Sebelumnya, PSSI telah mendatangkan Adham Makhadmeh dari Yordania.

Masih berusia 34 tahun, Muhammad Nazmi telah menjadi wasit FIFA sejak 2016. Pria kelahiran Penang, Malaysia, itu pernah menjadi wasit di Liga Champions Asia, Piala AFC, Piala Asia, Asian Games, SEA Games, Liga Malaysia, hingga Liga Vietnam.

4 dari 8 halaman

Penampilan Heroik Kevin Mendoza

Sementara itu, kiper Persib, Kevin Mendoza, layak dinobatkan sebagai pemain terbaik melawan Persija berkat penyelamatan-penyelamatan akrobatiknya.

Lapang Bola mencatat bahwa penjaga gawang asal Filipina itu mencatatkan empat saves, unggul satu dari kiper Persija, Carlos Eduardo.

Selain itu, Kevin Mendoza seringkali memenangkan duel udara atau menggagalkan umpan silang pemain Persija. Kiper berusia 30 tahun itu mempunyai timing yang pas untuk memotong bola.

5 dari 8 halaman

Firza Andika Pesakitan

Firza Andika pantas dianggap sebagai biang keladi kekalahan Persija dari Persib. Kecerobohannya membuat tim berjulukan Macan Kemayoran itu limpung meladeni perlawanan tuan rumah.

Bermain dengan sepuluh pemain, Persija hampir tidak bisa mengembangkan permainan. Pelatih Macan Kemayoran, Carlos Pena, mesti mengubah strategi lebih awal dengan memasukkan Rio Fahmi untuk menggantikan Ryo Matsumura.

Overall secara permainan, Persija memang kalah dari Persib. Ketika tuan rumah kehilangan Marc Klok pun, Macan Kemayoran masih kesusahan mengkreasikan, malah kembali kemasukan.

6 dari 8 halaman

Wasit Berkualitas

7 dari 8 halaman

Kevin Mendoza, Tampan hingga Jago

8 dari 8 halaman

Persaingan Musim Ini

Video Populer

Foto Populer