Sukses


5 Pemain Diaspora Timnas Indonesia yang Paling Moncer di Musim 2024/2025 Sejauh Ini: Asnawi Mangkualam Jadi Andalan

Bola.com, Jakarta - Perkembangan Timnas Indonesia di level internasional berkaitan dengan bagaimana performa pemainnya di level klub. Tidak sedikit pemain Tim Garuda yang mendapatkan kesempatan besar bersama klubnya masing-masing di luar negeri.

Hal yang sama terlihat di kompetisi BRI Liga 1 2024/2025, di mana tiga striker Timnas Indonesia mampu memberikan kontribusi bagus untuk klub masing-masing.

Dimas Drajad di Persib Bandung, Ramadhan Sananta di Persis Solo, dan Hokky Caraka di PSS Sleman. Semua baru saja menyumbangkan gol-gol untuk klub masing-masing di BRI Liga 1.

Namun, bukan mereka saja yang tampil cemerlang bersama klubnya. Beberapa pemain Timnas Indonesia yang berkarier di luar negeri juga memperlihatkan perkembangan yang sangat bagus.

Berikut lima pemain diaspora Timnas Indonesia yang tampil moncer bersama klub masing-masing:

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Maarten Paes

Berbeda dengan kompetisi sepak bola di Eropa, MLS merupakan kompetisi yang digelar berdasarkan periode kalendar, dari awal tahun hingga akhir tahun.

Jadi Maarten Paes kini tengah menjalani kiprah di paruh kedua musim MLS 2024. Sudah 30 perandingan dijalani Dallas FC, Maarten Paes tampil dalam 29 pertandingan.

Dengan 2.610 menit bermain yang dimilikinya, Maarten Paes adalah sosok yang paling banyak bermain di antara skuad Dallas FC saat ini.

Dalam 29 pertandingan yang dijalani, kiper Timnas Indonesia ini menciptakan 5 clean sheet bersama klubnya. Sayangnya, dalam 29 pertandingan itu juga, gawang Paes harus 49 kali kebobolan.

Namun, ia juga tampil cemerlang dengan sejumlah penyelamatan, termasuk ketika menggagalkan peluang Lionel Messi ketika Dallas menghadapi Inter Miami.

3 dari 6 halaman

Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam makin matang dan mampu bersaing. Berpengalaman tampil bersama Ansan Greeners dan Jeonnam Dragons di Korea Selatan, kini kapten Timnas Indonesia itu berkarier di Thailand bersama Port FC.

Kepercayaan didapatkan oleh pemain yang biasa beroperasi di sisi kanan lapangan itu. Asnawi sudah tercatat tujuh kali bermain, di mana enam di antaranya sebagai starter dan bermain penuh.

Dalam tujuh kali bertanding, Asnawi Mangkualam sudah sempat memberikan satu assist, yang dicetaknya ketika Port FC menang 5-1 atas Chaingrai United.

4 dari 6 halaman

Calvin Verdonk

Winger kiri Timnas Indonesia ini bukan hanya menjadi andalan Shin Tae-yong di level internasional, tetapi juga bersama klubnya di Eredivisie Belanda, NEC Nijmegen.

Dalam enam pekan pertandingan yang sudah berlangsung di kasta tertinggi Liga Belanda itu, Calvin Verdonk selalu tampil. Bahkan Calvin Verdonk sama sekali tidak tergantikan.

Namun, hingga saat ini Calvin Verdonk belum lagi mencetak gol seperti yang dicetaknya pada musim lalu, di mana ia menyumbang dua gol dalam perjalanan timnya pada musim lalu.

5 dari 6 halaman

Ivar Jenner

Gelandang yang musim lalu sempat promosi ke tim utama Utrecht dalam tiga pertandingan, tetapi belum mendapatkan menit bermain itu, kini masih menjadi andalan di tim Utrecht II yang berlaga di Eerste Divisie.

Ivar Jenner sudah bermain dalam lima pertandingan bersama Utrecht II pada musim ini. Gelandang Timnas Indonesia itu selalu menjadi starter dalam lima pertandingan tersebut, di mana tiga di antaranya dipercaya bermain penuh.

6 dari 6 halaman

Jay Idzes

Bek Timnas Indonesia yang berkarier di Serie A ini tetap menjadi andalan klubnya persis seperti saat bertanding di Serie B pada musim lalu.

Setelah musim lalu membawa Venezia berhasil promosi ke Serie A untuk musim ini, Jay Idzes terus menjadi andalan di lini pertahanan Venezia.

Kerap memainkan formasi tiga stoper, Jay Idzes selalu menjadi pemilik satu di antaranya. Sudah empat giornata Serie A berlangsung, Jay Idzes selalu tampil sebagai starter. Bahkan tiga di antaranya dia bermain penuh.

 

Video Populer

Foto Populer