Sukses


Eliano Reijnders: Timnas Indonesia On The Track, Saya Berharap Main di Bulan Oktober

Bola.com, Jakarta Seberapa kuat Timnas Indonesia saat ini? Kalau pertanyaan itu ditujukan kepada Eliano Reijnders, maka pemain serba bisa itu menjawab, sekarang Indonesia bukan negara yang mudah lagi untuk dilawan.

Eliano Reijnders tentu saja tak asal ucap. Terbukti, dalam dua tahun belakangan, Timnas Indonesia mampu menorehkan pencapaian spektakuler.

Dua di antaranya yang paling mencolok, Timnas Indonesia U-23 melaju ke semifinal Pila Asia U-23 dan mampu melangkah ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Sukses tersebut tentunya tak lepas dari gebrakan PSSI besutan Erick Thohir yang membuka kran program naturalisasi secara masif.

Nama-nama beken macam Thom Haye, Jay Idzes, Calvin Verdonk, Ragnar Oratmangoen, dan Maarten Paes kini mengisi starting XI Shin Tae-yong.

Eliano Reijnders sebentar lagi akan bergabung. Bintang PEC Zwolle, Belanda, itu dalam waktu dekat bakal dilantik menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Kelahiran Finlandia, 23 Oktober 2000, kemungkinan besar bakal melakoni debutnya bareng Skuad Garuda kontra Bahrain dan China pada 10 serta 15 Oktober dalam lanjutan laga Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Eliano Reijnders pemain paten, juga keren. Dalam tayangan video di YouTube Yussa Nugraha, Eliano Reijnders tampil trengginas dan buas.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Lincah Jadi Sayap Kanan

Bermain di posisi sayap kanan, adik gelandang Timnas Belanda dan AC Milan, Tijjani Reijnders, terlihat lincah. Tak hanya jago gocek, Eliano Reijnders juga mampu mencetak gol dalam situasi rumit sekali pun.

Caranya melepaskan umpan serta kejeliannya mengambil ruang kosong untuk melepaskan tembakan juga layak diacungi jempol. Terkadang dia main sebagai gelandang serang atau striker. Tak salah lagi, inilah pemain yang selama ini dirindukan Shin Tae-yong.

Bermain untuk Timnas Indonesia membuat Eliano Reijnders senang dan bangga. Itu ia perlihatkan selama berada di Jakarta selama proses administrasi perpindahan kewarganegaraan.

Saking senangnya ke Jakarta, ia bahkan memilih menyantap soto ayam sebagai menu utamanya.

"Aku juga makan sate dan lontong," katanya dengan wajah semringah seakan mengisyaratkan kalau ia sudah tak sabar ingin kembali ke Indonesia, tanah leluhur dari  opa dan ibunya.

3 dari 4 halaman

Proses Naturalisasi Lancar

Menurut Eliano Reijnders, proses naturalisasinya berjalan lancar. "Aku menunggunya selama satu setengah tahun. Mereka (PSSI) menanyakan bagaimana pendapatku kalau aku bermain untuk Timnas Indonesia".

"Jawabanku sebenarnya masih sama. Saat itu aku ingin fokus ke klub. Sampai sekitar dua atau tiga minggu lalu, aku selalu memikirkan hal itu (tawaran PSSI). Aku akhirnya memutuskan ingin membela negara mamaku".

Eliano Reijnders berharap, Oktober nanti ia sudah bisa bermain untuk Timnas Indonesia.

"Kita di jalan yang benar dan kalau berjalan seperti sekarang, aku berharap bisa main di bulan Oktober. Jika tidak, berarti di bulan November," katanya.

"Jujur, aku sudah nggak sabar," imbuh Eliano Reijnders sembari menambahkan kalau dirinya terus memantau perkembangan Timnas Indonesia asuhan STY.

4 dari 4 halaman

Hasil Timnas Indonesia

Ia pun angkat suara terkait hasil maksimal dalam dua laga terakhir versus Arab Saudi dan Australia yang sama-sama berakhir imbang.

"Aku pikir skor 0-0 hasil yang cukup baik. Australia tentunya bukan negara yang jelek dan mereka setengah tahun yang lalu kalau nggak salah menang 4-0 atas Indonesia".

"Indonesia punya peluang mencetak gol ke gawang Australia dan mereka bisa bertahan dengan baik selama pertandingan. Sekarang Indonesia bukan negara yang mudah lagi untuk dikalahkan," pungkasnya.

Seperti halnya Eliano Reijnders, rakyat Indonesia, khususnya fans setia timnas, juga sudah tak sabar ingin melihat aksi bintang anyarnya dalam balutan jersey kebesaran Timnas Indonesia.

Bersama Eliano Reijnders, Indonesia siap menuju pentas dunia. Amin!

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer