Sukses


Grup C R3 Kualifikasi Piala Dunia 2016: Jepang Terlalu OP Sementara yang Lain Seret, Kans Timnas Indonesia Menyodok Sangat Terbuka

Bola.com, Jakarta Persaingan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup C Zona Asia sangat ketat. Hanya Jepang yang tampil perkasa dengan meraih poin sempurna dari dua laga yang sudah berjalan.

The Blue Samurai juga satu-satunya negara yang mencatat dua clean sheet dengan total 12 gol yang dilesakkan ke gawang China 7-0 dan Bahrain 0-5. Sementara perseteruan lima kontestan lainnya masih sangat seru.

Selisih poin Arab Saudi, Bahrain, Indonesia, Australia, dan China hanya terpaut tipis. Arab Saudi yang sementara menempati urutan kedua masih mengoleksi empat poin. Disusul Bahrain tiga dan Timnas Indonesia dua angka. Sementara Australia dan China masing-masing satu dan nol poin.

Produktivitas Arab Saudi tak begitu bagus. Mereka hanya baru mencetak tiga gol dan dua kemasukan. Sedangkan Bahrain masih memasukkan sebutir bola. Itu pun dari hasil bunuh diri Harry Souttar saat Bahrain menundukkan Australia 1-0.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Peluang Menyodok

Agregat gol The Maroon, julukan Bahrain, cukup menyedihkan dengan minus empat butir. Australia juga mengalami defisit satu gol. China lebih menyedihkan dengan total agregat minus delapan gol.

Kesimpulannya, melihat konstelasi ini, Timnas Indonesia dengan agregat nol masih terbuka peluang untuk bersaing dengan empat negara lainnya untuk mendampingi Jepang lolos ke putaran final Piala Dunia 2026 di AS, Kanada, dan Meksiko.

"Kunci kebangkitan dan peluang terbaik Timnas Indonesia menyodok di klasemen saat melawan Bahrain dan China," kata Gusnul Yakin, pengamat dari Malang.

3 dari 4 halaman

Manfaatkan Situasi

Apalagi, lanjut Gusnul Yakin, pada matchday ketiga atau saat Indonesia tandang ke Bahrain, empat tim lainnya juga bertarung. Dua tim papan atas, Jepang bentrokan dengan Arab Saudi di Stadion King Abdullah Sport City. Laga lainnya, dua tim papan bawah, Australia menjamu China.

Tambahan pula Australia dan China dalam kondisi tidak baik-baik saja. The Socceroos mengalami pergantian pelatih dari Graham Arnold ke tangan Tony Popovic. Sepakbola China juga sedang diguncang isu match fixing.

"Timnas Indonesia harus bisa memanfaatkan situasi internal tim lainnya yang sedang terguncang. Perkiraan saya, Indonesia bisa dapat tambahan empat poin dari Bahrain dan China nanti. Syukur-syukur, semoga kita menangkan dua partai itu," tutur mantan pelatih Arema ini.

4 dari 4 halaman

Klasemen

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Klasemen

Pos  Negara  Main Menang Seri Kalah  SG Poin
 1.  Jepang  2  2  0  0  12-0  6
 2.   Arab Saudi  2  1  1   0  3-2   4
 3.    Bahrain  2  1  0  1  1-5   3
 4.    Indonesia  2  0  2  0  1-1  2
 5.   Australia   2  0  1  1  0-1  1
 6.    China   2   0  0  2  1-9  0

*Klasemen per Rabu, 11 September 2024 pukul 01.00 WIB

 
Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer