Sukses


Pelaku Pengeroyokan Steward Persib Ditangkap, Biaya Perawatan 21 Korban Luka Ditanggung Klub

Bola.com, Bandung - Polres Bandung menangkap pelaku pengeroyokan steward dalam kerusuhan yang terjadi usai laga Persib Bandung kontra Persija Jakarta, Senin (23/9/2024) lalu di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung.

Kapolresta Bandung Kombes Pol. Kusworo Wibowo mengaku hingga saat ini pihaknya masih terus melakukan penyelidikan atas pengeroyokan bobotoh terhadap para Steward.

Seperti diketahui, selepas duel big match antara Persib vs Persija tiba-tiba sebagian oknum Bobotoh turun ke lapangan dan menyerang petugas Steward.

Penyerangan itu diduga adanya intimidasi terhadap Bobotoh dan pelecehan verbal oleh oknum Steward saat pertandingan Persib kontra Port FC, Thailand diajang AFC Champions League 2 di Jalak Harupat, Kamis (15/9/2024) malam. 

“Kami masih melakukan penyelidikan terhadap para suporter yang melakukan tindak kekerasan,” kata Kusworo Wibowo usai menjenguk korban steward di RSUD Oto Iskandar Dinata, Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (25/9/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

21 Korban Luka

Menurut Kusworo, setelah pihaknya menerima laporan dari korban, polisi langsung bergerak melakukan penyelidikan dengan mengumpulkan barang bukti. 

Dari hasil penyelidikan berhasil didentifikasi oknum-oknum suporter yang memprovokasi terjadinya pengeroyokan.

“Beberapa sudah kami identifikasi dan sementara ini baru satu orang yang kami tangkap, yang lain masih dilakukan pengejaran,” tegas Kusworo.

Sementara itu, Persib dalam keterangan resminya menyatakan penyerangan oleh oknum penonton usai laga Persib vs Persija Jakarta mengakibatkan 21 orang terluka.

Korban luka adalah steward-steward yang sedang bertugas dan beberapa orang Bobotoh yang berusaha membantu mengamankan situasi.

Berdasarkan laporan dari tim medis yang bertugas, dari 21 korban luka, 16 orang mendapat perawatan pertama oleh petugas PMI di stadion, dua diantaranya harus dirujuk ke rumah sakit. Sementara korban lainnya secara mandiri langsung ke rumah sakit.

3 dari 4 halaman

Persib Tanggung Biaya

Seluruh korban dipastikan sudah mendapatkan penanganan dan perawatan intensif sehingga sampai saat ini, sebagian besar korban luka pun sudah diperbolehkan meninggalkan rumah sakit ke rumahnya masing-masing.

Satu korban hingga saat ini masih dirawat di RSUD Oto Iskandar Dinata, Kabupaten Bandung dikarenakan harus menjalani serangkaian pemeriksaan lanjutan akibat luka di bagian kepala.

Persib memastikan akan menanggung seluruh biaya pengobatan korban luka, baik para steward dan Bobotoh sehingga semua bisa segera pulih dan kembali beraktivitas seperti sedia kala.

Secara khusus, Persib juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada 21 orang, baik petugas steward dan Bobotoh yang terluka karena melerai atau mengamankan situasi saat insiden tersebut, atas kinerja dan tanggung jawab yang mereka lakukan.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak kepolisian dan aparat keamanan yang sudah sangat sigap mengamankan insiden kerusuhan kemarin sehingga situasi dapat dengan cepat dikendalikan dan para korban dapat diselamatkan,” dalam keterangan resmi Persib.

“Kami mengecam tindakan kekerasan atas alasan apapun, dan berkomitmen untuk bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk mengusut tuntas dan memproses hukum oknum-oknum pelaku kekerasan tersebut.”

 

4 dari 4 halaman

Permintaan Maaf Manajemen Persib

Persib meminta maaf kepada semua Bobotoh atas kejadian kekerasan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab - yang telah mencoreng reputasi dan nama baik Persib dan Bobotoh selama ini.

Persib menolak untuk ditunggangi segelintir orang yang merugikan dan membuat malu Bobotoh, pemain, official, manajemen, dan panitia pelaksana di kancah persepakbolaan nasional dan internasional.

Karenanya, Persib mengajak semua Bobotoh untuk bersatu melawan tindakan kekerasan atas alasan apapun.

Persib juga memastikan semua oknum yang terlibat kejadian tersebut  tidak akan dapat lagi membeli tiket untuk menonton pertandingan-pertandingan Persib secara langsung di stadion di masa mendatang.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer