Sukses


Pemain Naturalisasi dan Keturunan Eks Timnas Indonesia yang Masih Aktif tapi Belum Memiliki klub: Santai Lah, Sudah Kenyang di Bola

Bola.com, Jakarta Berita tentang pemain naturalisasi Timnas Indonesia masih terus menjadi topik hangat di negara kode +62.

Terkini, dua pemain keturunan, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, siap membela Timnas Indonesia setelah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders menambah panjang daftar pemain naturalisi setelah sebelumnya PSSI juga sukses meyakinkan pemain keturunan lainnya macam Jay Idzes, Rafael Struick, Calvin Verdonk, Thom Haye, dan Nathan Tjoe-A-On.

Jika tak ada aral melintang, baik Mees Hilgers maupun Eliano Reijnders sudah diturunkan dalam laga lanjutan Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 10 dan 15 Oktober mendatang kontra Bahrain dan China.

Ngomong-ngomong ihwal pemain naturalisasi, pecinta sepak bola Tanah Air, khususnya timnas pastinya tak akan pernah melupakan Greg Nwokolo dan Cristian Gonzáles.

Jauh sebelum kehadiran Jay Idzes dan kawan-kawan, ketiganya juga pernah mengenakan jersey kebesaran Timnas Indonesia dengan status pemain naturalisasi.

Selain timnas, nama ketiganya juga beken di Liga Indonesia karena pernah memperkuat sejumlah klub papan atas di kompetisi domestik.

Hanya saja, musim ini, ketiganya tak lagi memiliki klub. Meski tak lagi muda, mereka masih terlihat bugar dan setidaknya masih bisa diandalkan sebagai pemain pelapis.

Victor Igbonefo misalnya, ia masih jadi andalan di lini belakang Persib Bandung di ajang BRI Liga 1 2024/2025 walau telah berusia senja, 38 tahun.

Nama lain yang juga masih eksis di kasta tertinggi Indonesia musim ini adalah Beto Goncalves. Di usianya yang sudah 43 tahun, pemain naturalisasi asal Brasil masih berdiri tegak bersama PSBS Biak.

Nah, sekarang yuk kita kulik kisah singkat tiga pemain naturalasi yang dulunya sangat terkenal dan fenomenal tapi sekarang tak punya klub:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Irfan Bachdim

Penyerang berusia 36 tahun ini terakhir kali memperkuat Persik Kediri. Mantan tombak Timnas Indonesia bergabung pada 2023 setelah memperkuat Persis Solo sejak 2021.

Irfan Bachdim yang menjadi WNI sejak lahir meski blasteran Belanda, cabut dari Persis Solo karena alasan kurang menit bermain. Tapi, keputusannya pindah ke Persik Kediri ternyata tak seindah yang ia bayangkan. Bersama Macan Putih, kelahiran Amsterdam, Belanda, 11 Agustus 1988 hanya mendapat kesempatan dalam 11 laga.

Jelang bergulirnya musim 2024/2025, Irfan Bachdim harus menerima kenyataan pahit menyusul keputusan manajemen Persik Kediri yang melepasnya bersama dua pemain lainnya yakni Miftahul Hamdi dan Hari Nasution.

3 dari 4 halaman

Greg Nwokolo

Di masa jayanya, Greg Nwokolo merupakan salah satu bomber yang sangat ditakuti di Liga Indonesia. Tak heran kalau eks striker Timnas Indonesia lewat jalur naturalisi ini laris manis.

Ia pernah pernah memperkuat sederet klub papan atas seperti Persija Jakarta, PSIS Semarang, dan PSMS Medan.

Ketajamannya membuat penyerang berpaspor Nigeria tersebut diangkut ke Timnas Indonesia setelah dilantik menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Musim lalu, Greg Nwokolo masih tercatat sebagai pemain Arema FC. Namun, musim ini, ia sepi peminat.

Bisa jadi, umurnya yang sudah tembus 38 tahun membuat banyak klub menganggap Greg Nwokolo sudah habis. Padahal tidak. Walau tergerus usia, Greg Nwokolo masih terlihat bugar dengan skil yang masih terjaga.

4 dari 4 halaman

Cristian Gonzales

Beberapa waktu lalu, pemain naturalisasi yang satu ini bikin geger. Itu karena ia berencana menjual rumahnya yang mewah di Surabaya, Jawa Timur.

El Loco, julukannya kala masih keren-kerennya di lapangan hijau, mengatakan hasil penjualan rumah untuk membangun sekolah sepak bola (SSB) terbesar di Indonesia.

Siapa yang tak kenal El Loco. Dari sekian banyak pemain asing yang wara-wiri di Liga Indonesia, nama Cristian Gonzáles terbilang bersinar terang.

Ia pernah mengukuhkan diri sebagai top scorer Liga Indonesia, bahkan lebih dari sekali.

Penyerang yang kini berusia 48 tahun ini pernah berkibar bersama Persik Kediri, Persib Bandung, serta Arema Cronus.

Sebelum "menghilang" dari jagat sepak bola nasional, Cristian Gonzáles masih terpantau memperkuat RANS Nusantara pada 2021-2022 dan dipinjamkan sekejap kepada PSIM Yogyakarta.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer