Sukses


Mauro Zijlstra soal Proses Naturalisasi bersama Timnas Indonesia: Sepertinya Bakal Terjadi

Bola.com, Jakarta - Mauro Zijlstra meminta suporter setia Timnas Indonesia untuk bersabar karena dirinya tak lama lagi akan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Menurut Mauro Zijlstra, saat ini semua dokumen tentang dirinya sudah ada di tangan pejabat Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Jika semua berjalan lancar, Mauro Zijlstra akan mengikuti jejak sejumlah pemain keturunan yang menjadi pemain Timnas Indonesia via program naturalisasi.

"Sepertinya akan segera terjadi. Semua dokumennya sekarang ada di PSSI. Aku tinggal menunggu sampai mereka memeriksa semua dokumen itu," kata Mauro Zijlstra lewat tayangan kanal YouTube Yussa Nugraha belum lama ini.

Mauro Zijlstra, yang memiliki darah Bandung, Jawa Barat, saat ini memperkuat Volendam U-21, Belanda. Perannya sebagai tukang gedor cukup mumpuni.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Torehan Gol Mengagumkan

Sebelum ke Volendam U-21 pada Juli tahun ini, striker jangkung 188 cm itu pernah juga memperkuat NEC-U21 serta AFC Amsterdam U-18.

Torehan golnya di kedua klub tersebut sangat mengagumkan. Bersama NEC-U21, ia mengepak selusin gol dan satu assist dalam 26 laga.

Sedangkan kepada AFC Amsterdam U-18, kelahiran 9 November 2004 mampu mendulang 18 gol dan 11 assist hanya dalam 20 laga. Ngeri!

Kebuasaan itulah yang membuat Volendam U-21 kepincut ingin mendapatkan servis sang wonderkid. Tak menunggu lama, Volendam U-21 sudah menikmati sensasi Mauro Zijlstra melalui dua gol serta sebiji assist dalam dua pertandingan sejauh ini.

Mauro Zijlstra, tak salah lagi, tipe striker yang selama ini dicari Shin Tae-yong. Dengan postur menjulang, fisik yang kuat, serta kaya improvisasi Mauro Zijlstra bisa diandalkan menjadi pendulang gol Timnas Indonesia besutan STY.

Mengingat usianya yang masih terbilang muda, 19 tahun, Mauro Zijlstra juga bisa dimainkan sebagai alternatif di lini depan Timnas Indonesia U-20 racikan Indra Sjafri yang saat ini tengah berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

 

3 dari 3 halaman

100 Persen Siap

Terkait kepastian dari PSSI, Mauro Zijlstra dalam posisi 100 persen siap. Dengan kata lain, ia hanya menunggu perintah dari PSSI kapan akan terbang ke Jakarta.

"Mereka (PSSI) belum bilang, di tanggal ini kamu akan terbang ke Indonesia. Mereka belum bilang terkait hal itu. Ya, kita lihat saja. Aku berharap bisa segera (dinaturalisasi). Tapi semua tergantung PSSI," katanya.

Bagimana pendapat keluarga, terlebih kedua orang tua? "Mereka sangat bangga. Ayahku, ibunya berasal dari Indonesia. Tentunya pihak ayahku sangat senang," jawab Mauro Zijlstra.

Mauro Zijlstra juga angkat suara ihwal dua pemain keturunan asal Belanda, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Keduanya sudah bisa dipastikan akan menjadi WNI dan diupayakan bisa turun saat bentrok kontra Bahrain dan China dalam lanjutan Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 10 dan 15 Oktober mendatang.

"Mereka adalah pemain yang sangat bagus. Punya banyak kualitas. Hilgers defender yang bagus dan Reijnder bisa bermain di beberapa posisi. Jadi saya pikir mereka berdua merupakan kekuatan yang sangat bagus untuk Timnas Indonesia," pungkas Mauro Zijlstra.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer