Sukses


Shin Tae-yong Ogah Berikan Target Tidak Realistis ke Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Bukan Peringkat 1 atau 2 Grup C

Bola.com, Seoul - Timnas Indonesia berlabel kuda hitam di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Sadar dengan peta persaingan, Tim Garuda enggan menargetkan muluk.

Di Grup C, Timnas Indonesia tergabung dengan tiga tim langganan Piala Dunia, yakni Timnas Jepang, Timnas Australia, dan Timnas Arab Saudi. Selain itu, bersama Timnas Bahrain dan Timnas China, yang secara ranking FIFA jauh lebih baik dari Tim Garuda.

Namun, sejak adanya proyek gelombang pemain naturalisasi, kekuatan Timnas Indonesia meningkat pesat. Kini, Tim Garuda dapat mengimbangi raksasa-raksasa Asia.

Timnas Indonesia memulai perjuangannya di Grup C dengan meyakinkan. Garuda menahan tuan rumah Arab Saudi 1-1 dan bermain 0-0 ketika menjamu Australia.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Peta Persaingan

Saat ini, Timnas Indonesia berada di peringkat keempat klasemen sementara Grup C. Jay Idzes dkk. membukukan dua poin, tertinggal empat angka dari Jepang di puncak, dua poin dari Arab Saudi di posisi kedua, dan satu angka dari Bahrain di urutan ketiga.

Ranking satu dan dua Grup C akan lolos ke Piala Dunia 2026 Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat. Sementara posisi ketiga dan keempat bakal bermain di putaran keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Saya percaya bahwa jika kita berusaha sebaik mungkin untuk mencapai tujuan, impian pasti akan terwujud," ujar Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia, dinukil dari media Korea Selatan, Isplus.

3 dari 4 halaman

Peringkat 3 atau 4

Terdekat, Timnas Indonesia akan menjalani dua partai Grup C pada Oktober mendatang dengan lebih dulu menantang tuan rumah Timnas Bahrain di Bahrain National Stadium, Riffa, pada 10 Oktober 2024.

Lima hari berselang, Tim Garuda bakal bertandang ke Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, untuk menghadapi Timnas China.

"Saya tidak ingin memberi beban kepada para pemain dengan target yang tidak realistis. Jadi, kami menargetkan posisi ketiga atau keempat Grup C," jelas Shin Tae-yong.

4 dari 4 halaman

Jalan Panjang

Pada putaran keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026, enam tim bakal dipecah ke dua grup. Masing-masing juara grup akan mendapatkan tiket ke putaran final.

Sedangkan dua runner-up putaran keempat akan bermain di putaran kelima Kualifikasi Piala Dunia 2026. Tim peringkat ketiga tersingkir.

Pemenangnya bakal menyegel tempat di play-off antar-konfederasi Piala Dunia 2026 bergabung dengan wakil Afrika, Amerika Selatan, Oceania, dan CONCACAF.

 

Sumber: Isplus

Video Populer

Foto Populer