Sukses


Indra Sjafri Menjelaskan Alasan Sering Pakai Formasi 3-4-3 di Timnas Indonesia U-20: Winger Kami Bagus-bagus

Bola.com, Jakarta - Indra Sjafri memiliki karakter menarik sebagai pelatih. Sosok asal Pesisir Selatan, Sumatra Barat itu kerap mengandalkan permainan cepat dan permainan dari sayap.

Indra Sjafri memiliki beberapa formasi favorit. Formasi 4-3-3 atau 4-2-3-1 cukup identik dengan sosok Indra.

Namun, belakangan Indra Sjafri cukup sering menggunakan formasi tiga bek. Hal itu diterapkan Indra di Timnas Indonesia U-20.

Formasi 3-4-3 dan 3-5-2 kerap digunakan Indra Sjafri saat Timnas Indonesia U-20 berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Indra pun memiliki penjelasan mengenai hal itu.

"Memang kami diskusi dengan para pelatih, tim usia muda, kami memperkenalkan beberapa formasi ke mereka dan itu teman-teman pasti tahu bahwa formasi tergantung kebutuhan, lawan, dan pemain yang ada," jelas Indra Sjafri.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Berbuah Hasil

Banyak pihak yang mengkritik cara bermain Timnas Indonesia U-20 di bawah asuhan Indra Sjafri. Mereka menilai Garuda Nusantara terlalu banyak bermain dari pinggir.

Namun, Indra Sjafri tidak terlalu peduli dengan hal itu. Menurut Indra, cara bermain seperti itu cukup efektif dalam mencetak gol di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

"Kenapa kami main 3-4-3, karena winger kami bagus-bagus. Orang juga kritik kenapa main dari pinggir terus, dari pinggir tapi masuk 6 gol kan tidak masalah," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Layak Lolos

Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2025. Jens Raven dkk lolos sebagai juara Grup F.

Timnas Yaman U-20 menyusul langkah Timnas Indonesia U-20. Mereka lolos sebagai satu dari lima runner-up terbaik di babak kualifikasi.

Indra Sjafri pun memberikan selamat kepada Timnas Yaman U-20. Indra merasa tim itu layak lolos ke Piala Asia U-20 2025.

"Karena dari perjuangan mereka, pantas mereka lolos ke Piala Asia U-20," tegas Indra Sjafri.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer