Sukses


Alasan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Jadi WNI di Belgia: Tidak Punya Jeda Waktu jika di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Erick Thohir, mengungkapkan penyebab dua pemain keturunan, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) di Belgia, bukan di Indonesia.

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dilantik sebagai WNI di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Brussels, Belgia, pada Senin malam WIB (30/9/2024).

Sebelumnya, keduanya telah diambil sumpah kewarganegaraan RI oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) yang diwakili Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU) Kemenkumham, Cahyo Rahadian Muzhar.

Selain itu, juga disaksikan Duta Besar RI (Dubes) untuk Belgia, Luksemburg, dan Uni Eropa, Andri Hadi dan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Liga Belanda Belum Libur

Erick Thohir menjelaskan bahwa Mees Hilgers dan Eliano Reijnders tidak mempunyai waktu untuk datang ke Indonesia, sementara keduanya harus didaftarkan untuk dua partai Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Oktober 2024.

Mees Hilgers, bek FC Twente, dan Eliano Reijnders, wingback PEC Zwolle, masih sibuk berlatih dan bermain karena Eredivisie terus bergulir, kecuali ketika jeda internasional.

Setelah menjadi WNI, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders harus menjalani perpindahan federasi dari Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI di FIFA.

3 dari 4 halaman

Deadline 3 Oktober 2024

Deadline register pemain untuk dua laga Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Oktober 2024 adalah pada Kamis (3/10/2024).

Calon pemain naturalisasi biasanya baru bisa datang ke Indonesia dalam periode FIFA Matchday. Sedangkan jadwal jeda internasional terdekat adalah pada 7-15 Oktober 2024.

"Mengapa harus dilakukan di Brussel? Karena kedua pemain itu tidak punya jeda waktu jika pengambilan sumpah harus di Indonesia," ujar Erick Thohir.

4 dari 4 halaman

Berharap Bisa Bermain

Tim Garuda bakal lebih dulu menantang tuan rumah Bahrain dalam matchday ketiga Grup C di Bahrain National Stadium, Riffa, pada 10 Oktober 2024.

Lima hari berselang, Timnas Indonesia akan bertandang ke Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, untuk menghadapi China.

"Sementara kami berharap keduanya sudah bisa bermain saat Timnas Indonesia melawan Bahrain dan China pada Oktober 2024. Ini kerja sama semua pihak, dan saya bangga karena semua bekerja demi Indonesia," ungkap Erick Thohir.

Video Populer

Foto Populer