Sukses


3 Anak Baru yang Siap Bikin Kejutan di Piala Asia U-20 2025: Timnas Indonesia U-20 Masuk?

Bola.com, Jakarta Sebanyak 16 negara telah memastikan diri tampil di putaran final Piala Asia U-20 2025 yang bakal dilaksanakan di China, 6–23 Februari 2025. Negeri Tirai Bambu yang berstatus sebagai tuan rumah langsung lolos di even dua tahunan ini.

Edisi sebelumnya kejuaraan yang bertajuk Piala Asia U-19 digelar di Uzbekistan pada 2023. Negara pecahan Uni Soviet ini keluar sebagai juara. Saat itu Timnas Indonesia juga lolos ke Uzbekistan.

Namun Hokky Caraka dkk. tersingkir di fase Grup A dengan menempati rangking ketiga di bawah Uzbekistan dan Irak dengan total meraih empat poin. Indonesia berhasil mengalahkan Suriah 1-0 dan seri tanpa gol atas Uzbekistan.

Kembali ke Piala Asia U-20 China. Jika dihitung jarak antara berakhirnya babak kualifikasi dan final di China nanti, maka tiap kontestan masih punya waktu efektif empat bulan untuk persiapan tim masing-masing.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Peta Kekuatan Tak Berubah

Namun peta kekuatan antartim di China tahun depan tak banyak berubah. Perbedaannya ada tiga peserta baru yang menggantikan negara lain yang tak lolos. Korea Utara, Thailand, dan Yaman. menggeser Vietnam, Oman, dan Tajikistan.

Pada babak kualifikasi lalu, Korea Utara meraih tiket ke China sebagai juara Grup E. Sementara Yaman dan Thailand yang menempati peringkat kedua Grup F dan H lolos lewat jalur runner-up terbaik. Lalu, bagaimana kekuatan ketiga negara tersebut di China nanti?

3 dari 3 halaman

3 Negara Siapa Saja?

Dari 16 kontestan, Korea Utara termasuk salah satu negara yang sering tampil di turnamen kelompok umur Piala Asia ini. Edisi mendatang merupakan rekor ke-14 bagi Korea Utara. Bahkan negara yang dipimpin Presiden Kim Jong-un ini pernah tiga kali juara pada tahun 1976, 2006, dan 2010.

Berikutnya Yaman, runner-up bagi Timnas Indonesia di Grup F, baru delapan kali nanti beraksi di hajatan ini. Prestasi terbaik mereka melenggang hingga perempatfinal pada tahun 1975.

Sementara Thailand sebagai wakil Asia Tenggara bersama Timnas Indonesia akan tampil sebanyak 34 kali. Namun mereka telah dua kali juara pada tahun 1962 dan 1969. Kesimpulannya, ketiga wajah baru tersebut bukan negara kaleng-kaleng dan faktor kebetulan bisa tampil lagi di Piala Asia U-20

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer