Sukses


Persis Legawa Ramadhan Sananta Tak Dipanggil Timnas Indonesia: Hormati Kewenangan Shin Tae-yong

Bola.com, Jakarta Striker Persis Solo, Ramadhan Sananta, harus menerima kenyataan pahit seusai namanya tak masuk dalam daftar panggilan Timnas Indonesia menjelang lanjutan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Nama Ramadhan Sananta tak muncul dalam daftar 27 pemain Timnas Indonesia yang telah dirilis oleh PSSI pada Rabu (2/10/2024). Padahal, pada laga sebelumnya, dia sempat dipanggil Shin Tae-yong saat menghadapi Arab Saudi dan Australia.

Dari seluruh nama pemain tersebut, skuad Merah Putih akan mengandalkan tiga penyerang saat menghadapi Bahrain dan China. Mereka adalah Rafael Struick (Brisbane Roar), Dimas Drajad (Persib Bandung), dan Hokky Caraka (PSS Sleman).

Kedua striker lokal yang disebut terakhir memang punya catatan yang lebih baik ketimbang Sananta di BRI Liga 1 2024/2025. Adapun Rafael Struick sebetulnya belum mengukir menit bermain pada musim 2024/2025.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kewenangan Shin Tae-yong

Manajer Persis Solo, Chairul Basalamah, mengonfirmasi bahwa Ramadhan Sananta tak mendapatkan panggilan pada agenda Timnas Indonesia pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia ini.

Lelaki yang akrab disapa Abud itu mengatakan, pihaknya menghormati keputusan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Sebab, bagaimanapun juga, pemilihan pemain merupakan kewenangan penuh dari pelatih.

“Sebagai warga negara yang baik, kami mendukung penuh apa yang menjadi langkah PSSI. Tentu tim pelatih Timnas Indonesia di bawah Shin Tae-yong pasti sudah memikirkan kenapa memanggil Si A dan Si B. Kami pasti mendukung,” kata Abud saat dihubungi Bola.com, Rabu (2/10/2024).

3 dari 4 halaman

Masih Butuh Pembuktian

Dari segi performa, Ramadhan Sananta memang masih harus membuktikan kualitasnya bersama Persis Solo di BRI Liga 1 2024/2025. Sebab, dia masih belum menemukan performa terbaiknya pada musim ini.

Penyerang berusia 21 tahun itu belum punya catatan yang mentereng di kompetisi domestik. Pasalnya, Sananta baru menyumbangkan satu gol dari tujuh penampilannya bersama Laskar Sambernyawa. 

Jika dibandingkan musim lalu, pemain asal Daik, Lingga, itu bisa mencetak empat gol dari tujuh laga awal BRI Liga 1 2023/2024. Padahal, pada masa pramusim, dia bisa menjadi top scorer Piala Presiden 2024.

4 dari 4 halaman

Masih Kalah Mentereng

Jika dibandingkan dua striker lainnya, Ramadhan Sananta memang masih kalah pamor. Dimas Drajad, misalnya, mampu mengukir dua gol dan dua assist bersama Persib Bandung dari tujuh laga awal.

Jumlah gol yang sama juga dicatatkan Hokky Caraka bersama PSS Sleman. Adapun Rafael Struick yang baru saja bergabung dengan klub Liga Australia, Brisbane Roar, belum juga mendapatkan kesempatan bermain.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer