Sukses


R3 Kualifikasi Piala Dunia 2026: Timnas Indonesia Menghadapi Tantangan Berat di Kandang Bahrain dan China

Bola.com, Jakarta Timnas Indonesia diprediksi bakal menghadapi ujian berat saat bertandang ke markas Timnas Bahrain dan Timnas China pada Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Opini tersebut datang dari mantan pelatih Persis Solo, Rasiman.

Menurut jadwal, duel antara Bahrain versus Timnas Indonesia berlangsung di Bahrain National Stadium, Riffa, Kamis, 10 Oktober 2024. Setelah itu Garuda berjumpa China di Qingdao Youth Football Stadium, Shandong, Selasa (15/10/2024).

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyertakan 27 nama dalam lawatan kali ini. Termasuk duo pemain keturunan berdarah Indonesia-Belanda Mees Hilgers dan Eliano Reijnders yang belum lama ini menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

"Secara kualitas tentunya Timnas Indonesia semakin baik, perkiraan saya dua laga akan sulit. Bahrain secara fisik akan sangat menyulitkan. Sementara China juga biasanya menyulitkan kalau bermain di kandang," ulas Rasiman saat dihubungi Bola.com, Kamis (3/10/2024) sore.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Realistis 2 Poin

Skuad Merah-Putih memiliki modal cukup bagus jelang menghadapi dua pertandingan tersebut. Sebelumnya, Timnas Indonesia sukses menahan imbang tim tangguh Timnas Arab Saudi (1-1) dan Timnas Australia (0-0).

Hasil itu menempatkan Timnas Indonesia di posisi keempat klasemen Grup C dengan koleksi dua angka. Adapun Bahrain kini duduk di peringkat ketiga dengan nilai tiga. Sementara China tercecer di dasar klasemen dengan tanpa poin.

"Saya rasa dua poin akan sangat berarti karena kita mempunyai laga home dengan mereka. Malik Risaldi menurut saya pantas masuk skuad Timnas karena bermain luar biasa di Persebaya," kata Rasiman.

Selain memercayai beberapa pemain langganan Timnas Indonesia macam Thom Haye, Jay Idzes hingga Rafael Struick, Shin Tae-yong juga kembali memanggil Malik Risaldi. Belakangan winger Persebaya Surabaya itu tampil apik bersama timnya dan mencetak dua gol dari empat laga.

3 dari 4 halaman

Catatan Buat PSSI

Yang pasti, Rasiman mendoakan yang terbaik buat perjuangan Timnas Indonesia di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Eks pelatih Madura United itu juga mengungkapkan kegundahan terhadap masa depan skuad Garuda. Apa katanya?

"Catatan saya sebetulnya semakin sempitnya kesempatan para pemain lokal, ini cukup mengkhawatirkan karena PSSI sampai hari ini juga belum ada terobosan untuk meningkatkan kualitas kompetisi dan pembinaan usia muda," ujarnya.

"Penampilan Timnas sekarang ini membuat partisipasi masyarakat terhadap sepak bola semakin baik. Tinggal PSSI menangkap momentum ini dengan melakukan terobosan program 5-10 tahun untuk menghasilkan pemain dengan kelas seperti pemain naturalisasi kita," pungkas Rasiman.

4 dari 4 halaman

Daftar 27 Pemain Timnas Indonesia Vs Bahrain dan China

Kiper: Maarten Paes, Ernando Ari, Nadeo Argawinata

Bek: Jordi Amat, Wahyu Prasetyo, Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, Calvin Verdonk, Rizky Ridho, Shayne Pattynama, Jay Idzes, Sandy Walsh, Mees Hilgers, Eliano Reijnders, Muhammad Ferarri

Gelandang: Ricky Kambuaya, Nathan Tjoe-A-On, Egy Maulana Vikri, Thom Haye, Witan Sulaeman, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan

Penyerang: Ragnar Oratmangoen, Hokky Caraka, Rafael Struick, Malik Risaldi, Dimas Drajad

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer