Sukses


Membandingkan Nilai Pasar Skuad Timnas Indonesia, Bahrain dan China di R3 Kualifikasi Piala Dunia 2026: Garuda Teratas!

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia berhadapan dengan Timnas Bahrain dan Timnas China pada lanjutan pertandingan Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Kedua laga itu semuanya berlangsung di kandang lawan.

Menurut jadwal, duel antara Bahrain versus Timnas Indonesia berlangsung di Bahrain National Stadium, Riffa (10/10/2024). Setelah itu Garuda berjumpa China di Qingdao Youth Football Stadium, Shandong (15/10/2024).

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyertakan 27 pemain dalam lawatan kali ini. Termasuk Mees Hilgers dan Eliano Reijnders yang baru menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) belum lama ini.

Laga nanti turut menyajikan fakta-fakta unik berkaitan dengan perbandingan nilai pasar skuad yang dimiliki masing-masing tim. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

 

 

 

 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Timnas Indonesia

Dari sisi komposisi skuad, Timnas Indonesia diperkuat banyak pemain yang berkiprah di luar negeri alias abroad.

Beberapa di antaranya macam Maarten Paes, Asnawi Mangkualam, Jay Idzes, hingga Calvin Verdonk.

Dikutip dari Transfermarkt, market value skuad Garuda saat ini mencapai Rp426,28 miliar. Jumlah itu lebih tinggi ketimbang dua rival mereka. Melonjaknya nilai pasar Timnas Indonesia tidak lepas dari kehadiran Mees Hilgers.

Bek milik FC Twente di Eredivisie tersebut dihargai Rp121,67 miliar. Laga melawan Bahrain dan China menjadi debut Mees Hilgers bersama Timnas Indonesia. Posisi kedua ditempati Thom Haye. Nilai pasar gelandang Almere City itu berada di angka Rp52,14 miliar.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Timnas China

Menilik data dari situs Transfermarkt, harga pasar skuad Timnas China mencapai Rp173,82 miliar. Eks penyerang Espanyol, Wu Lei menjadi pemain dengan market value tertinggi Rp20,86 miliar. Saat ini sosok berusia 32 tahun itu bermain untuk Shanghai Port di Liga Super China.

Selanjutnya ada Jiang Guangtai, Wang Haijian, Wei Shihao, Wei Zhen, dan Han Pengfei. Kelima pemain tersebut sama-sama dibanderol Rp13,91 miliar. Disusul Jiang Shenglong yang mencapai Rp13,04 miliar.

Berbeda dengan Timnas Indonesia, skuad besutan Branko Ivankovic itu hanya diisi pemain yang berkiprah di kompetisi domestik.

Berdasarkan skuad yang disertakan pada kualifikasi sebelumnya, tidak ada satu pun dari mereka yang berstatus abroad.

 

 

 

 

4 dari 4 halaman

Timnas Bahrain

Merujuk data yang disajikan Transfermarkt, Timnas Bahrain memiliki nilai pasar senilai Rp158,17 miliar. Jumlah ini menjadi yang terendah di antara dua rival yang bakal mereka hadapi pada kualifikasi bulan ini.

Terdapat satu nama yang nilainya paling fantastis di skuad Bahrain. Pemain tersebut adalah Ali Madan yang ditaksir memiliki market value Rp52,14 miliar. Kini penyerang berusia 28 tahun itu membela Al Riffa SC di Liga Utama Bahrain.

Di sisi lain, sebetulnya tidak banyak pemain dari kubu tim asuhan Dragan Talajic itu yang berkarier di luar negeri.

Tercatat hanya ada dua nama saja yang saat ini bermain di luar Bahrain. Mereka adalah Moses Atede (Kuching City) dan Mohamed Marhoon (Kuwait SC).

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer