Sukses


Hokky Caraka, Klubnya Papan Bawah dan Kembali Masuk Timnas Indonesia, Menit Bermain Kuncinya!

Bola.com, Jakarta Nama Hokky Caraka sudah dikenal luas sejak membela Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022. Dia merupakan striker andalan pelatih Shin Tae-yong dalam turnamen tersebut.

Salah satu laga yang tak terlupakan yakni ketika Hokky Caraka mencetak empat dari tujuh gol yang bersarang ke gawang Brunei Darussalam (4/7/2022). Pemain berusia 20 tahun tersebut juga tampil gemilang di Kualifikasi Piala Asia U-20 2022.

Di usianya yang tergolong muda, Hokky sering dipanggil Timnas di berbagai level kelompok usia. Dia menjadi pilar penting skuad Garuda di Piala Asia U-20 2023. Bersama Timnas Indonesia U-20, Hokky sudah membukukan lima gol dari 12 penampilan.

Sementara di Timnas Indonesia Hokky mencatat enam caps dan mengepak dua gol. Striker asal Gunungkidul, Yogyakarta itu berpeluang menambah pundi golnya. Kebetulan, pemain berpostur 180 cm itu masuk dalam daftar 28 pemain skuad Garuda untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kembali Dipanggil Timnas Indonesia

Timnas Indonesia akan menjalani dua pertandingan Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Oktober 2024. Tim Garuda ditantang Timnas Bahrain dan Timnas China.

Menurut jadwal, duel antara Bahrain versus Timnas Indonesia berlangsung di Bahrain National Stadium, Riffa, Kamis (10/10/2024). Setelah itu Garuda berjumpa China di Qingdao Youth Football Stadium, Shandong, Selasa (15/10/2024).

Hokky Caraka juga ikut dibawa Shin Tae-yong dalam dua partai awal Timnas Indonesia yang digelar pada September 2024. Namun, striker kelahiran 21 Agustus 2004 itu belum mendapat menit bermain.

Dia cuma jadi penghangat bangku cadangan. Pemain bernomor punggung 9 di PSS Sleman tersebut kalah saing dengan Ragnar Oratmangoen dan Rafael Struick di lini depan Garuda.

 

3 dari 4 halaman

Buka Keran Gol

Meskipun demikian, Hokky Caraka layak untuk kembali dipanggil saat tandang ke markas Bahrain dan China. Jebolan Garuda Select itu mulai kembali menunjukkan ketajaman di kompetisi domestik.

Berkat polesan pelatih striker Timnas Indonesia, Yeom Ki-hun, Hokky Caraka akhirnya pecah telur di BRI Liga 1 2024/2025. Dia sukses mencetak brace saat membawa timnya menang 3-1 kontra Arema FC, Jumat (20/9/2024).

Torehan gol tersebut membuat kepercayaan diri Hokky Caraka kian meningkat. Andai dimainkan Shin Tae-yong pada laga melawan Bahrain dan China, kesempatan berharga itu tentu tidak akan disia-siakan oleh pemilik nama lengkap Hokky Caraka Bintang Briliant tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Tampil Reguler

Hokky Caraka sejauh ini sudah tampil sebanyak tujuh pertandingan di BRI Liga 1. Enam laga di antaranya dimulai sebagai starter. Menyumbang dua gol dengan total 461 menit bermain.

Hanya saja, PSS sedang mengalami performa buruk di awal kompetisi musim ini. Tim berjulukan Super Elang Jawa itu terseok-seok di dasar klasemen dengan koleksi dua poin. Dari tujuh laga, mereka baru mengepak sekali kemenangan.

Alumni SMA Negeri 1 Seyegan, Kabupaten Sleman itu menggeluti dunia si kulit bundar sejak kelas 3 SD. Prestasi Hokky Caraka mulai menanjak ketika duduk di bangku SMP.

Kemampuan Hokky makin terasah ketika berseragam PSS Sleman. Sempat tergabung dalam skuad PSS U-16 serta U-18 untuk berkompetisi di Elite Pro Academy (EPA) pada 2020 dan 2021. Dia kemudian menjalani debut di tim senior pada 5 September 2021.

Video Populer

Foto Populer