Sukses


Andai Maarten Paes Absen Hadapi Bahrain, Tidak Masalah! Timnas Indonesia Punya Lini Pertahanan Paten

Bola.com, Kediri - Kegelisahan menyambangi Timnas Indonesia jelang lanjutan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 ke markas Bahrain dan China.

Sesuai jadwal, pasukan Shin Tae-yong akan menantang Bahrain di Bahrain National Stadium Riffa, 10 Oktober. Kemudian disusul menghadapi China di Qingdao Youth Football Stadium lima hari berselang.

Namun, di tengah persiapan serius itu, Maarten Paes dikabarkan mengalami cedera pergelangan tangan kanan. Spekulasi pun menyeruak kiper FC Dallas itu kemungkinan absen pada salah satu atau dua laga penting Timnas Indonesia itu.

Bagaimana jika salah satu tokoh kunci sukses Timnas Indonesia menahan imbang Arab Saudi dan Australia itu benar-benar absen?

"Menurut saya, Timnas Indonesia tak perlu galau. Semua harus menerima kenyataan pahit itu. Saya kira Shin Tae-yong dan staf pelatih pasti telah menyiapkan Ernando Ari dan Nadeo Argawinata untuk menggantikan Maarten Paes," kata Gusnul Yakin.

Pengamat asal Malang itu menyebut kualitas Ernando Ari dan Nadeo Argawinata juga cukup mumpuni untuk mengawal gawang Timnas Indonesia.

"Keduanya sudah punya jam terbang tampil bersama Timnas Indonesia di level Internasional. Berikutnya, bagaimana menempa dan memotivasi keduanya agar tampil bagus," ujarnya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pertahanan Solid

Gusnul Yakin menambahkan siapa pun yang menggantikan peran Maarten Paes, gawang Timnas Indonesia tetap akan aman.

"Tapi ada syaratnya, lini pertahanan harus solid. Terutama tiga bek tengah yang ditempati Rizky Ridho, Jay Idzes dan Mees Hilgers jadi kuncinya. Saya yakin dengan kemampuan ketiganya," ucapnya.

Agar gawang dan pertahanan Timnas Garuda tak jadi bulan-bulanan, lanjut Gusnul Yakin, maka harus dipasang gelandang yang kuat bertarung saat transisi bertahan dan menyerang.

"Filter pertama di sektor lini tengah. Jika gelandang kita mampu menahan alur bola Bahrain, saya kira pertahanan Timnas Indonesia tak terlalu berbahaya," tuturnya.

3 dari 4 halaman

Pede Dapat Poin di Bahrain

Menurut Gusnul Yakin, Timnas Indonesia juga memiliki Calvin Verdonk, Sandy Walsh, dan Eliano Reijnders yang bisa menjadi buffer di lini tengah. Keberadaan mereka bisa membantu Tim Garuda untuk memetik poin di Bahrain.

"Verdonk dan Sandy sudah kita ketahui kualitasnya. Sementara Eliano, kita tahu dari kiprahnya di Liga Belanda juga sangat bagus," ujar Gusnul Yakin.

"Dengan situasi saat ini, prediksi saya Timnas Indonesia masih bisa mendapatkan poin dari Bahrain," lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Klasemen Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Klasemen

Pos  Negara  Main Menang Seri Kalah  SG Poin
 1.  Jepang  2  2  0  0  12-0  6
 2.   Arab Saudi  2  1  1   0  3-2   4
 3.    Bahrain  2  1  0  1  1-5   3
 4.    Indonesia  2  0  2  0  1-1  2
 5.   Australia   2  0  1  1  0-1  1
 6.    China   2   0  0  2  1-9  0

*Klasemen per Rabu, 11 September 2024 pukul 01.00 WIB

 
Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer