Sukses


Deretan Raja Assist pada Awal BRI Liga 1 2024 / 2025: Dimas Drajad Dikepung Legiun Asing

Bola.com, Jakarta - Ciro Alves merupakan satu di antara pemain andalan di lini depan Persib Bandung di BRI Liga 1 2024/2025. Sosok berusia 35 tahun itu selalu dimainkan pelatih Persib, Bojan Hodak, dalam tujuh laga awal Liga 1 musim ini.

Tidak hanya piawai membobol gawang lawan, Ciro Alves juga ciamik dalam menciptakan assist. Sejauh ini, dia membukukan enam assist. Catatan tersebut membuatnya memimpin daftar pencetak assist terbanyak di BRI Liga 1.

Keenam umpan gol itu masing-masing dibuat Ciro Alves saat menghadapi PSBS Biak (2 assist), Dewa United (1 assist), Arema FC (1 assist), dan Madura United (2 assist). Pemain berpostur 175 cm tersebut juga telah menyumbangkan sebiji gol untuk Tim Maung Bandung.

Selain Ciro Alves, ada sejumlah pemain lain yang masuk daftar penyumbang assist terbanyak di BRI Liga 1 musim ini. Siapa saja? Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Dominasi Legiun Asing

Penyerang Persis Solo, Moussa Sidibe, masuk daftar ini. Pemain asal Mali itu sejauh ini mengepak tiga umpan gol buat Laskar Sambernyawa. Tampil dalam tujuh laga, Sidibe berhasil mencetak tiga gol di BRI Liga 1.

Dibawah Sidibe, terdapat total 15 pemain yang membukukan dua assist. Mereka adalah Rizky Pora, Tyronne del Pino, Mitsuru Maruoka, Kasim Botan, Tito Okello, Privat Mbarga, dan Latyr Fall.

Kemudian Alexis Messidoro, Stefano Lilipaly, Cornelius Stewart, Ryo Matsumura, Maciej Gajos, Wilian Marcilio, Dimas Drajad, serta Berguinho.

Top assist BRI Liga 1 didominasi para legiun asing. Dari 17 nama yang disebut di atas, hanya ada empat pemain lokal yang sampai pekan ketujuh menciptakan lebih dari satu umpan gol.

Mereka adalah Rizky Pora dari Barito Putera, Kasim Botan (Persebaya Surabaya), Stefano Lilipaly (Borneo FC), dan Dimas Drajad (Persib Bandung). Dua nama terakhir juga sudah mencatatkan namanya di papan skor.

 

3 dari 5 halaman

Dimas Drajad Andalan Persib

Stefano Lilipaly mengemas sebiji gol. Sementara itu, Dimas Drajad unggul dengan dua golnya. Tahun ini merupakan musim perdana Dimas berbaju Persib. Pemain berusia 27 tahun itu memilih pindah klub karena klub sebelumnya, Persikabo 1973, terdegradasi ke Liga 2.

Statistik tersebut membuktikan kalau Persib Bandung tidak salah merekrutnya. Striker kelahiran 30 Maret 1997 itu menjadi andalan di lini depan Tim Maung Bandung, dengan enam pertandingan di antaranya sebagai starter.

Pemain asal Gresik, Jawa Timur itu kini tengah bergabung dengan Timnas Indonesia di Bahrain. Dimas Drajad masuk daftar 27 pemain yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong untuk menjalani laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

 

4 dari 5 halaman

Makin Sengit

Kompetisi musim ini masih sangat panjang. Torehan assist maupun gol pemain-pemain tersebut masih sangat mungkin bertambah. Bukan tidak mungkin sederet nama anyar muncul daftar tersebut.

Adapun di sisi lain, BRI Liga 1 2024/2025 sedang memasuki masa rehat. Kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia itu diliburkan sejak 1 sampai 16 Oktober 2024 karena jeda internasional.

Selama FIFA Matchday, Timnas Indonesia bakal melanjutkan kiprah di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Tim Garuda menantang Bahrain di Bahrain National Stadium, Riffa (10/10/2024), kemudian berjumpa China di Qingdao Youth Football Stadium, Shandong (15/10/2024).

5 dari 5 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer