Sukses


PSSI Ternyata Banyak Dibantu KNVB saat Proses Naturalisasi Pemain Timnas Indonesia: Terima Kasih, Lho!

Bola.com, Jakarta - Selama ini, PSSI ternyata mendapatkan bantuan penuh dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) dalam memproses pemain-pemain keturunan untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia

Fakta itu diungkapkan langsung oleh anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga. Menurutnya, lancarnya proses naturalisasi ini tak bisa dilepaskan dari dukungan KNVB yang ikut melancarkan prosesnya.

“Dengan kita banyak mengambil pemain-pemain Belanda untuk dinaturalisasi, itu kan harus meminta izin terlebih dahulu kepada KNVB untuk proses perpindahan federasi,” kata Arya dikutip dari Liputan 6 Sport.

“Artinya, kalau tidak dapat support dan tidak mendapat izin dari KNVB, proses naturalisasinya enggak bisa dilakukan. Jadi, selama ini sebetulnya KNVB sudah sangat mendukung program kita,” imbuhnya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Terima Kasih KNVB

Arya pun mengucapkan terima kasih atas kesediaan KNVB dalam menyetujui proses perpindahan federasi para pemain keturunan Indonesia-Belanda yang dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia (WNI).

“Jadi, kami betul-betul berterima kasih kepada KNVB yang sudah memberikan ruang-ruang kepada kami untuk mengambil pemain-pemain mereka. Sebab, prosesnya mengharuskan perpindahan federasi,” ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

Langsung Disetujui

Salah satu proses naturalisasi tercepat yang dilakukan PSSI dapat dilihat dari tahapan yang dijalani oleh Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Bisa dibilang, keduanya menjalani tahapan yang paling cepat.

“Karena, hari itu juga langsung kami langsung berkirim surat kepada FIFA. Untuk surat ke KNVB kan sudah sebelumnya, jadi mereka sudah oke. Seharusnya sudah oke. Mudah-mudahan tidak ada masalah,” imbuhnya.

 

4 dari 4 halaman

Dua Amunisi Terbaru

Dibandingkan sejumlah pemain keturunan lainnya yang sudah memperkuat Timnas Indonesia, proses naturalisasi yang dijalani Mees Hilgers dan Eliano Reijnders untuk menjadi warga negara Indonesia (WNI) termasuk paling kilat.

Yang paling membedakan dengan pemain lainnya, kedua nama ini sampai harus menjalani prosesi pengambilan sumpah setia sebagai WNI di luar negeri, tepatnya di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Brussel, Belgia.

“Jika melihat ambisi untuk mencari poin penuh melawan Bahrain atau China,  Shin Tae-yong memang berharap Mees Hilgers dan Eliano Reijnders bisa segera dinaturalisasi,” kata Arya Sinulingga.

“Shin Tae-yong meminta langsung kepada Pak Erick. Katanya, ‘Pak, kalau bisa, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders sudah bisa masuk Timnas Indonesia saat pertandingan menghadapi Bahrain dan China’,” imbuhnya.   

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer